Karena Asal Klik, Baim Wong Jadi Korban Penipuan di WhatsApp

Senin, 6 November 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Karena Asal Klik, Baim Wong Jadi Korban Penipuan Di Whatsapp

Baim Wong. (Instagram/baimwong)

Ladiestory.id - Artis Baim Wong mengaku bahwa dirinya telah menjadi korban berkedok malware yang dikirim melalui pesan WhatsApp. Hal tersebut diungkapkan oleh Baim Wong melalui unggahan di laman media sosial Instagramnya beberapa hari yang lalu.

Dalam video tersebut, suami Paula Verhoeven itu mengaku bahwa peretasan data itu dilakukan oleh sang pelaku dengan memanfaatkan fitur WhatsApp untuk mengeksploitasi kelalaian pengguna aplikasi.

“Baru-baru ini saya mengalami musibah. Saya menerima pesan WhatsApp dari nomor yang tidak saya kenal. Si pengirim mengaku sebagai kurir dan mengirim foto paket berupa file dan kebetulan saya juga sedang memesan barang via online. Saya tidak ngeh main klik aja karena ingin memastikan paketnya,” kata Baim Wong dalam video yang diunggahnya, dikutip Minggu (5/11/2023).

Unggahan Baim Wong. (Instagram/baimwong)

 

Usai membuka aplikasi tersebut, ia pun baru menyadari bahwa ada hal yang aneh dalam hal tersebut. Usai meng-klik, Baim Wong pun mengaku yang muncul hanyalah tampilan loading file beberapa saat. Ia pun tak menggubris hal tersebut karena kesibukannya pada saat itu.

Dua minggu kemudian, ia mengaku kaget mendapatkan notifikasi bahwa rekening miliknya melakukan transfer ke rekening bank lain yang tak ia kenal.

“Saya langsung menghubungi pihak Bank, dan memutuskan untuk memblokir rekening tersebut,” kata Baim Wong.

“Ini yang ngeri sekali. Modusnya yaitu dengan memanfaatkan fitur pesan dengan file, ada juga yang mengirim notifikasi, promo, dan kode OTP lewat WhatsApp. Bahkan ada yang mengatasnamakan instansi pemerintah dengan mengirim file surat tilang elektronik yang ternyata itu malware dan sudah ada korbannya, rekeningnya terkuras sampai miliaran,” bebernya.

Karena pengalaman yang menimpanya tersebut, Baim Wong pun mengingatkan pemerintah untuk dapat mengambil langkah terhadap maraknya penipuan dengan modus pesan melalui WhatsApp. Baim Wong juga mendorong masyarakat untuk lebih berhati-hati lagi saat mengirim, menerima, dan membuka pesan WhatsApp.

“Temen temen berhati-hatilah menggunakan aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan WhatsApp untuk melakukan aksi peretasan dan penipuan, yang berujung pada kerugian, baik materil maupun non-materil,” tutup Baim Wong.