1. Health
  2. Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gaya Hidup Sehat
Health

Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gaya Hidup Sehat

Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dapat diwujudkan dengan melakukan berbagai cara, mulai dari memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi sampai berolahraga secara rutin. Tapi, disamping pola hidup sehat yang telah dilakukan secara rutin, ada pula beberapa kebiasan buruk yang bisa merusak gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa kebiasaan tersebut.

Menggunakan Earphone Terlalu Sering

Suka mendengarkan musik setiap harinya? Jika iya, maka untuk mendengarkan musik kamu tentu pernah menggunakan earphone. Penggunaan earphone bisa membantumu untuk mendengarkan musik secara lebih jelas tanpa mengganggu orang disekelilingmu. Akan tetapi, penggunaan earphone terlalu sering selama berjam-jam tanpa istirahat bisa merusak pendengaran. Oleh karena itu, batasi penggunaan earphone setiap harinya agar kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat sepenuhnya.

Konsumsi Fast Food Terlalu Sering

Makanan cepat saji menjadi makanan favorit banyak orang. Pelayanannya yang cepat serta rasanya yang lezat menjadi alasan mengapa banyak orang suka mengonsumsi fast food. Akan tetapi, jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat, maka janganlah mengonsumsi fast food terlalu sering. Batasi konsumsi fast food setiap bulannya secara berkala. Sehingga, asupan gizimu akan lebih terkontrol dan bisa menjaga gaya hidup sehat.

Makan Terlalu Cepat

Rutinitas pekerjaan yang padat seringkali mengharuskan banyak orang untuk makan dalam waktu singkat. Hal ini memang bisa menghemat waktumu dan bisa membuatmu jadi lebih produktif, namun makan terlalu cepat juga bisa merusak gaya hidup sehat yang telah kamu terapkan setiap harinya. Karena, ketika kamu makan terlalu cepat maka kamu tidak akan mengunyah makanan tersebut dengan sempurna. Hal ini dapat memberikan lebih banyak ruang untuk gas dalam perut dan tingkat keasaman di dalam perut akan meningkat.

Menyepelekan Konsumsi Air

Sekitar 60-65% kandungan dalam tubuh manusia diisi oleh cairan. Meskipun persentase tersebut cukup besar, sayangnya belum semua orang menyadari pentingnya konsumsi air bagi tubuh manusia. Padahal, konsumsi air setiap harinya perlu diperhitungkan agar dapat menjaga gaya hidup sehat sehari-hari.

Terlalu Lama Duduk

Seperti artikel sebelumnya, aktivitas duduk dalam waktu yang lama dan secara terus menerus menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes hingga penyakit serangan jantung. Oleh karena itu, bagi kamu yang merupakan pekerja kantoran yang terbiasa untuk duduk selama 8 jam, cobalah untuk berjalan ataupun stretching beberapa menit sekali untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel