Waspada, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Liver

Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Waspada, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Liver

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Liver atau hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang harus dijaga. Tapi tanpa kita sadari terkadang membiasakan sesuatu yang tidak baik yang justru bisa merusaknya.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kesehatan Liver

Seperti kebiasaan makan dan minum serta aktivitas buruk lainnya yang bisa merusak kesehatan liver dan berakibat fatal bila dilakukan dalam jangka waktu lama. Inilah kebiasaan buruk yang bisa merusak organ liver.

1. Kebiasaan Minum Soft Drink 

kebiasaan yang dapat merusak liver
Foto: Ladiestory.id

Kebiasaan minum soft drink akan mengalami obesitas yang selanjutnya mengalami steatohepatitis non alkohol atau yang disebut NASH, yaitu penyakit hati berlemak non alkohol atau NAFLD

Bila telah mengidap NASH maka akan mengalami penumpukan lemak pada organ hati, yang disertai dengan adanya peradangan serta kerusakan sel hati.  Yang semakin lama menyebabkan jaringan parut pada hati atau sirosis, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kanker hati. 

2. Banyak Asupan Vitamin A dari Suplemen

Tubuh memang butuh vitamin A dan itu bisa diperoleh lewat sayuran dan buah segar, khususnya buah dan sayur yang berwarna merah, orange, dan kuning.

Tapi jangan Kamu dapatkan asupan vitamin A  dari suplemen dengan kandungan vitamin A dosis tinggi, karena bisa membahayakan hati. Karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin A, untuk memastikan kalau Kamu benar-benar membutuhkannya.

3. Konsumsi Obat-Obatan Secara Berlebihan 

kebiasaan yang dapat merusak liver
Foto: Ladiestory.id

Konsumsi obat secara berlebihan bisa merusak organ hati secara bertahap dan akan menyebabkan gagal hati yang parah. Seperti obat Acetaminophen bila diminum dengan dosis tinggi dapat merusak hati bila diminum terus menerus dalam jangka panjang.

4. Kebiasaan Minum Alkohol Bagi Pria Maupun Wanita

Wanita yang terbiasa meminum alkohol 1 gelas setiap hari bisa mengembangkan penyakit hati sirosis. Sementara bagi pria yang terbiasa konsumsi lebih dari 2 gelas sehari lebih berisiko tinggi mengalami sirosis serta kerusakan hati non-sirosis.

5. Kebiasaan Minum Soda Diet pada Orang Dewasa

kebiasaan yang bisa merusak liver
Foto: eatthis

Soda diet memang tidak banyak mengandung gula, tapi membiasakan konsumsinya setiap hari dapat berakibat menderita NAFLD atau penyakit hati berlemak non alkohol dari tingkat sedang hingga parah. 

6. Banyak Konsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Kerusakan organ liver dapat diakibatkan oleh makan makanan yang tidak sehat. Seperti makanan yang banyak mengandung sukrosa dan lemak trans tinggi yang bisa menyebabkan penyakit perlemakan hati.

7. Banyak Konsumsi Makanan Manis

kebiasaan yang bisa merusak liver
Foto: jovee

Banyak mengkonsumsi makanan manis juga bisa membuat liver rusak. Seperti makanan yang banyak mengandung gula yaitu es krim, kue, biskuit dan sebagainya.

8. Kebiasaan Merokok

Bahan kimia yang ada dalam rokok dapat mengancam fungsi tubuh hampir secara keseluruhan, tak terkecuali organ liver. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan oksidatif dalam sistem tubuh. Stres dalam sistem ini pada akhirnya akan mencapai organ hati yang menyebabkan kerusakan sel hati.

Itulah 8 kebiasaan buruk yang bisa merusak organ liver. Karena itu, jaga dan sayangi liver kamu untuk kelangsungan hidup jangka panjang.