6 Kegiatan Sehari-hari yang Buat Anak Semakin Cerdas

Kamis, 5 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Kegiatan Sehari-Hari Yang Buat Anak Semakin Cerdas

Ilustrasi anak bermain alat musik. (Special)

Ladiestory.id - Berbagai aktivitas atau kegiatan dapat merangsang pertumbuhan dan kecerdasan otak pada anak. Dilansir Baby Center, anak-anak akan mempelajari banyak hal mulai sejak dalam kandungan bahkan anak mampu berinteraksi dengan orang tuanya dengan rangsangan-rangsangan yang diberikan. 

Kegiatan sehari-hari yang dilakukan anak bersama orang tua atau orang dewasa juga dapat melatih bakat si kecil. Nah, berikut enam kegiatan sehari-hari yang dapat membuat anak semakin cerdas.

Bercerita dan Mendongeng

Ilustrasi membacakan dongeng. (Special)

Melakukan kegiatan bercerita, mendongeng, dan membacakan buku-buku yang menarik kepada anak dapat menumbuhkan perkembangan otak anak dan kecintaan terhadap dunia sastra. Selain itu, bercerita dan mendongeng juga dapat membantu merangsang perkembang bicara pada anak. Anak pun akan menjadi lebih banyak bertanya dan ingin tahu. Bercerita dan mendongeng dapat memberikan kosakata yang luas serta dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.

Ajak Anak Berbicara

Ilustrasi mengajak anak berbicara. (Special)

Melakukan kegiatan berbicara pada anak tentunya dapat meningkatkan perkembangan kosakata dan bahasa pada anak. Anak akan berusaha untuk memahami makna dan kata-kata yang dilontarkan oleh orang tua. Anak pun akan mengenal kata-kata yang sering diucapkan.

Selain itu, berbicara juga dapat membantu meningkatkan interaksi dengan anak serta membangun ikatan emosional. Dengan sering melatih anak berbicara dan berinteraksi, maka anak akan merasa lebih aman dan percaya diri. Kegiatan ini pun dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak pada anak, lho.

Bernyanyi

Ilustrasi anak bernyanyi. (Special)

Mengajak anak bernyanyi juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otaknya, lho. Dengan bernyanyi, anak akan meningkatkan hubungan personal dan dapat mencegah terjadinya masalah bahasa.

Bernyanyi juga akan meningkatkan rasa percaya diri pada anak, melatih bahasa dan kata-kata, serta dapat memunculkan hobi pada anak sejak usia dini. Selain itu, memperkenalkan si kecil pada lagu-lagu maupun alat musik juga akan meningkatkan kemampuan berpikir, mengembangkan kemampuan numerik, dan memupuk penalaran spasial.

Menggambar dan Mewarnai

Ilustrasi menggambar dan mewarnai. (Special)

Melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai dapat meningkatkan pengembangan fisik dan mental pada anak. Selain itu, anak akan terlatih untuk terampil dalam hal mengenal gambar maupun warna.

Menggambar dan mewarnai juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan dalam diri anak. Anak akan belajar untuk melatih imajinasi serta menuangkan ide-ide dan karya sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Tunjukkan Berbagai Ekspresi

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Pada saat anak berusia 3 hingga 4 bulan, ia sudah dapat mengenali ekspresi wajah orang tuanya. Menunjukan mimik dan ekspresi saat berkomunikasi dengan anak merupakan salah satu cara pertama anak dapat berkomunikasi. Membaca ekspresi wajah dari orang tuanya merupakan suatu landasan untuk mengasah keterampilan nonverbal serta dapat membantu anak untuk mengontrol emosi dan melatih anak untuk bersosialisasi di masa depan.

Eksplor Makanan

Ilustrasi anak makan. (Special)

Ketika si kecil sudah masuk dalam tahap MPASI pertamanya, maka orang tua dapat menyajikan makanan yang bervariasi. Adapun MPASI yang dapat dipilih di antaranya sereal, buah-buahan, kacang-kacangan, maupun pasta. Biarkan si kecil berusaha untuk mengeksplor dan menggengam makanannya sendiri. Hal ini untuk membantu meningkatkan kinerja indranya.