6 Kegunaan Microwave, Bukan Hanya Untuk Memanaskan Makanan Saja, Lho!

Jumat, 17 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Kegunaan Microwave, Bukan Hanya Untuk Memanaskan Makanan Saja, Lho!

Foto: Ladiestory.id

Kemajuan teknologi telah menciptakan microwave, sebuah alat untuk memudahkan dalam memanaskan dan memasak makanan. Tapi tahukah kamu, ternyata microwave bukan hanya bisa digunakan untuk memasak makanan. Ada banyak kegunaan lainnya, simak ulasannya dibawah ini.

Kegunaan Microwave Selain Memanaskan Makanan

Biar makin tahu, yuk simak kegunaan microwave selain untuk memanaskan makanan. 

1. Mengembangkan Adonan Roti

Foto: Ladiestory.id

Kegunaan microwave selain memanaskan makanan yaitu bisa digunakan untuk mengembangkan adonan roti. Caranya adalah dengan memasukkan cangkir ataupun gelas yang telah di isi air ke dalam microwave.

Kemudian, panaskan hingga menguap dengan suhu kecil dan matikan microwave, selanjutnya masukan adonan tersebut. Uap yang dihasilkan tersebut akan membuat adonan roti jadi mengembang.

2. Merenyahkan Kembali Biskuit dan Roti yang Alot atau Keras

Bila biskuit atau roti di rumah Anda menjadi tidak renyah lagi atau keras (alot), karena terlalu lama dibiarkan terbuka. Maka kamu bisa masukkan ke dalam microwave agar renyah dan gurih kembali.

Caranya yaitu dengan meletakan biskuit atau roti di atas nampan, kemudian panaskan dalam microwave selama 10 hingga 15 menit dengan suhu rendah. Selanjutnya kamu akan  rasakan roti yang tadi alot kembali renyah. 

3. Melelehkan Makanan

Foto: Ladiestory.id

Kegunaan lainnya dari microwave yaitu bisa melelehkan kembali selai yang mengeras. Caranya dengan memasukkannya dalam microwave dan tak lama selai pun akan meleleh sehingga mudah kamu oleskan pada roti.

4. Membuat Jagung Jadi Lebih Cepat Matang

Untuk dapat menikmati jagung rebus kamu tidak perlu merebusnya dalam waktu yang lama lagi. Dengan microwave Anda hanya butuh waktu 5 menit saja untuk menjadikan jagung matang dan siap di santap.

Caranya dengan membungkus jagung dalam kantong plastik dan isi air, selanjutnya masukan dalam microwave dengan suhu tinggi selama 5 menit

5. Memudahkan Buah Untuk Menghasilkan Banyak Air Perasan

Kegunaan dari microwave salah satunya bisa memudahkan buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk segar saat diperas. Caranya Anda cukup masukan buah-buahan yang akan diperas tadi dalam microwave, atur dengan suhu tinggi selama kurang lebih 20 hingga 30 detik.

Sehingga dinding sel buah jadi lebih lembut, mudah diperas dan menghasilkan air perasan yang banyak. 

6. Melembutkan Madu yang Membeku

Foto: Ladiestory.id

Biasanya madu yang sudah lama disimpan akan menjadi berbutir atau mengkristal dan menjadi massa yang keras dan manis. Nah, untuk mencairkan dan melembutkannya kembali, Anda bisa memanfaatkan kegunaan dari microwave yang satu ini.

Caranya dengan membuka tutup botol atau toples madu lalu masukan toples atau botol dalam microwave. Bila wadah madu tidak bisa dimasukkan dalam microwave, maka pindahkan madu dalam wadah yang tahan microwave. 

Kemudian panaskan dengan suhu sedang selama kurang lebih 30 detik, lalu aduk. Ulangi lagi dengan selang waktu 30 detik, aduk setiap kali hingga madu benar-benar kembali lembut dan mencair.

Itu dia kegunaan lain dari microwave selain untuk memanaskan makanan. Semoga tulisan ini bermanfaat!