Kemudahan Teknologi Temukan 5 Aplikasi Pelacak Lokasi

Jumat, 13 Agustus 2021 | 05:11:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kemudahan Teknologi Temukan 5 Aplikasi Pelacak Lokasi

Foto: LineToday

Kemudahan dan kecanggihan media membuat kita mudah untuk melakukan banyak hal. Salah satunya untuk mendeteksi keberadaan seseorang. Manfaat dari kemampuan untuk mengetahui lokasi keberadaan orang dapat digunakan untuk pacar dan rekan kerja.

Keadaan yang membuat kita terpisah dengan jarak seringkali muncul perasaan takut dan khawatir. Beberapa orang menerapkan aplikasi untuk mengetahui keberadaan seseorang sehingga ketika ada sesuatu yang berbahaya mendapatkan pertolongan dengan lebih mudah. 

Daftar Aplikasi Pelacak Lokasi

Meskipun terkadang apabila dilihat dari sisi keamanan dan privasi ini akan sedikit terganggu bahkan ketika dilakukan untuk hal yang kurang baik akan menjadi berbahaya. Maka dari itu, perlu adanya pemilihan yang tepat dalam memberikan data dan mengaktifkan aplikasi itu. 

Berikut adalah beberapa aplikasi digital yang dibuat untuk melacak keberadaan seseorang sehingga terdapat fitur pelacakan berdasarkan lokasi. Sekali lagi, Aplikasi ini membantu kamu dalam mengawasi dimana saja keberadaan tapi ingat gunakan dengan bijak dan berhati-hati sehingga tidak mudah digunakan untuk oknum berbahaya.

1. Aplikasi WhatsApp

Caption

 

Media sosial yang biasa digunakan untuk aplikasi chatting ini memiliki layanan dalam menyediakan fitur melacak lokasi. Namun tetap perlu persetujuan dari pengguna karena jika ingin lokasinya dilacak, maka perlu mengaktifkan fitur Live Location yang terdapat di bagian Attachment.Saat fitur Live Location sudah aktif, maka sifatnya adalah real time, posisi dan lokasi pacar lebih mudah diketahui.

2. Zenly

Caption

 

Salah satu aplikasi yang dapat dikatakan unik. Cara penggunaannya dengan memasukkan nomor telepon, kita dapat melacak keberadaan pacar dan mengetahui lokasi seseorang yang kita inginkan. Namun, syaratnya mereka sudah mendaftar dan menggunakan aplikasi ini.

4. Line Here

Caption

 

Sama halnya dengan WA, aplikasi chatting ini memberikan kemudahan dalam  melacak posisi pacar dengan sangat mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan sign in dengan menggunakan Line kamu sehingga kita bisa  mengakses aplikasi dengan mudah. 

Setelah itu, pastikan kamu dan mereka sama-sama sudah berteman. Kemudian, cari lalu pilih nama pacar pada kontak kemudian atur waktu pelacakannya. Maka setelah itu, secara otomatis avatar dan lokasinya akan muncul di layar utama.

4. Glympse

Caption

 

Fungsinya tidak berbeda dengan media sosial lainnya. Kita dapat melacak seseorang ketika sudah saling follow atau berteman Maka dari itu, kita jadi bisa saling melacak lokasi masing-masing di mana pun berada.

5. Find My Friend

Caption

 

Sebuah aplikasi baru yang mampu membantu dalam mengetahui keberadaan lokasi pacar secara real time. Namun perlu dipastikn jika yang ingin kamu lacak lokasinya,sudah memiliki  aplikasi Find My Friends.  Setiap ingin mengetahui lokasi seseorang memerlukan persetujuan. Jika dilakukan tanpa seizin merupakan perbuatan yang menyalahi privasi. Maka pastikan penggunaan aplikasi ini perlu kesepakatan dari kedua belah pihak.