Kenali Gejala dan Pencegahan Penyakit Alzheimer yang Diderita Chris Hemsworth

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:25:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Kenali Gejala Dan Pencegahan Penyakit Alzheimer Yang Diderita Chris Hemsworth

Chris Hemsworth. (Special)

Ladiestory.id - Nama aktor ternama Hollywood, Chris Hemsworth, tengah menjadi pembicaraan. Ia sempat merencanakan akan vakum dari dunia hiburan.

Hal ini disebabkan setelah dokter mengatakan bahwa dirinya memiliki kecenderungan genetik untuk penyakit Alzheimer. Sang dokter pun mengungkapkan bahwa dirinya memiliki risiko delapan hingga sepuluh kali lebih besar daripada populasi umum lainnya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan penyakit Alzheimer? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Alzheimer 

Ilustrasi Alzheimer. (Special)

 

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang berhubungan dengan bagian otak manusia. Penyakit ini dapat mengakibatkan terjadinya penurunan daya ingat, kemampuan dalam berpikir maupun bicara hingga perubahan perilaku pada penderitanya. Penyakit ini pun akan semakin memburuk dengan seiring bertambahnya usia.

Akibatnya, penderita Alzheimer akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Pada tahap awal, penderita mengalami beberapa gangguan khususnya pada daya ingat yang bersifat ringan. Misalnya, kesulitan mengingat nama, percakapan maupun peristiwa yang baru beberapa waktu terjadi. Kemudian, perlahan akan semakin bertambah parah.

Umumnya, penyakit ini dialami oleh pria atau wanita yang berusia 40 hingga 60 tahun ke atas.

Penyebab Alzheimer

Ilustrasi Penderita Alzheimer. (Special)

 

Penyakit ini diakibatkan terjadinya penumpukan protein yang abnormal. Sehingga, mengganggu kinerja sel-sel pada saraf di otak. Dalam waktu jangka panjang, otak akan mengalami kehilangan fungsi misalnya mengontrol pikiran, bahasa hingga memori.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa penyakit Alzheimer dipicu oleh berbagai faktor mulai dari genetik, lingkungan hingga pola hidup. Selain itu, kurangnya melakukan proses belajar hingga ikatan sosial dengan lingkungan sekitar juga dapat meningkatkan resiko mengidap penyakit Alzheimer.

Gejala Alzheimer

Ilustrasi Gejala Alzheimer. (Special)

 

Setiap penderita Alzheimer akan mengalami berbagai gejala yang bervariasi. Meski begitu, umumnya penderita akan mengalami gejala berupa kesulitan dalam mengenali wajah hingga berkomunikasi sehari-hari.

Bahkan, dengan orang terdekat seperti keluarga sekalipun. Tak hanya kesulitan semacam itu, beberapa penderita Alzheimer bahkan mengalami penyakit lain seperti depresi maupun delusi. Hal ini pun dapat menjadi lebih parah ketika penderita tidak mendapat penanganan yang tepat.

Pencegahan Alzheimer

Ilustrasi Bermain Catur. (Special)

 

Cara yang paling efektif dalam mencegah terjadinya Alzheimer yaitu dengan melakukan berbagai aktivitas yang mampu mempertajam ingatan. Beberapa diantaranya seperti melakukan olahraga secara rutin. Misalnya, seperti berenang, jalan pagi, bulutangkis maupun bersepeda. Lakukan kegiatan yang mengasah otak seperti belajar bahasa asing, menyelesaikan puzzle, bermain catur hingga teka-teki silang.

Menjaga pola makan yang sehat dengan menghindari makanan berkolesterol tinggi maupun berlemak. Lebih baik, kamu memperbanyak konsumsi sayuran serta serat. Bagi kamu penderita penyakit lain seperti diabetes, hipertensi maupun kolesterol. Jangan lupa untuk teratur dalam mengkonsumsi obat.

Terakhir, cukupi kebutuhan tidurmu. Cobalah untuk tidur 7 hingga 8 jam tiap setiap malamnya. Hal ini diketahui mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup yang sehat dengan menghindari merokok untuk menjaga otak tetap dalam keadaan prima. 

Pengobatan Alzheimer

Ilustrasi Pengobatan Alzheimer. (Special)

 

Meski hingga kini belum ditemukan obat yang ampuh dalam mengatasi penyakit Alzheimer. Tetapi, bagi sebagian dokter akan menggunakan obat-obatan seperti rivastigmine yang dapat membantu memperlambat terjadinya perburukan gejala pada penderita penyakit Alzheimer. Selain itu, obat antidepresan juga akan diberikan jika penderita mengalami perubahan perilaku. Tak hanya itu, dokter juga akan melanjutkan penderitanya melakukan psikoterapi seperti terapi stimulasi kognitif. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai penyakit Alzheimer. Tentunya, pola hidup sehat dan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi akan membantu menjaga kesehatan tubuh baik luar maupun dalam. Selain itu, olahraga dengan rutin juga akan membantu daya ingat menjadi tajam dan prima.  Jaga kesehatan selalu ya, Ladies!