Kenali Penyebab Infertilitas pada Wanita: Salah Satunya Stres

Sabtu, 3 Juli 2021 | 19:12:27

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Kenali Penyebab Infertilitas Pada Wanita: Salah Satunya Stres

Foto: Ladiestory.id

Memiliki keturunan merupakan impian bagi semua orang, terlebih bagi pasangan yang baru saja menikah. Namun jika dalam kurun waktu lama, sang istri belum mengalami tanda-tanda kehamilan, sebaiknya perlu dicek apakah sang istri mengalami infertilitas.

Infertilistas adalah kondisi tidak kunjung hamil walaupun telah melakukan hubungan seks dengan jadwal yang diperhitungkan secara saksama dan tanpa alat kontrasepsi selama satu tahun.

Infertilitas tidak hanya terjadi pada wanita, namun seorang pria juga dapat mengalaminya. Pasalnya masalah kesuburan serta gangguan sistem reproduksi tidak hanya bisa terjadi pada wanita saja, tetapi juga pada pria.

Kerap kali orang menganggap infertilitas sama dengan mandul, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Mandul adalah kondisi pria atau wanita tidak bisa menghasilkan anak, sedangkan infertilitas merupakan masalah kesuburan.

Ketika seseorang mengalami kemandulan, maka tidak bisa diobati dengan apapun. Berbeda dengan infertilitas yang masih bisa diatasi dengan berbagai perawatan tertentu. Jadi infertilitas bukan berarti mandul, tetapi mandul sudah pasti mengalami infertilitas.

Lalu apa yang menajdi penyebab infertilitas pada wanita?

Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Sebagian besar penyebab infertilitas pada wanita adalah karena masalah ovulasi. Hal ini karena tanpa adanya ovulasi, maka sel telur tidak bisa dibuahi.

  1. Usia

Foto: Ladiestory.id

Kesuburan manusia akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, sama halnya dengan kemampuan untuk hamil. Hal ini dipicu oleh menurunnya kualitas dan produksi sel telur. Saat usia seorang wanita di atas 35 tahun, tingkat penurunan folikel semakin bertambah, sehingga membuat sel telur yang berkualitas menjadi kian sedikit.

  1. Rokok

Foto: Ladiestory.id

Kebiasaan merokok atapun menghirup asap rokok menjadi salah satu penyebab infertilitas pada wanita. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko wanita mengalami keguguran dan kehamilan ektopik.

Asap rokok yang dihirup dapat merusak organ reproduksi wanita, seperti serviks atau leher rahim, indung telur, tuba falopi atau saluran indung telur. Asap rokok yang dihirup juga mampu membuat indung telur mengalami penuaan lebih cepat dan menghabiskan jumlah sel telur sebelum waktunya, sehingga mempersulit terjadinya kehamilan.

  1. Stres

Foto: Ladiestory.id

Stres menjadi salah satu faktor utama infertilitas. Jika tidak terkontrol, stres yang berkepanjangan atau terlalu berat bisa turut berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Stres yang memicu gangguan makan atau sebaliknya berat badan yang meningkat ekstrem dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

  1. Gangguan Hormonal

Gangguan hormonal seperti gangguan kelenjar tiroid, hipofisis, adrenal, dan sindrom ovarium polikistik diketahui dapat menyebabkan terjadinya infertilitas atau kemandulan. Sebab, gangguan hormonal ini menyebabkan indung telur kesulitan untuk melepaskan sel-sel telur

  1. Gangguan Tuba Fallopi

Sumbatan dan kerusakan pada tuba fallopi dapat menjadi penyebab infertilitas pada wanita. Tuba fallopi atau saluran tuba merupakan jalan di mana sel telur akan "menunggu" sperma. Sebagai tempat bertemunya kedua komponen penting ini, tuba fallopi bereran sangat vital pada proses pembuahan.

Apabila tuba fallopi rusak atau tersumbat, hal menjadi mencegah sperma masuk menembus sel telur. Selain itu, sel telur yang sudah dibuahi juga akan menjadi sulit untuk masuk ke dalam rahim.

  1. Kerusakan Rahim dan Serviks

Foto: Ladiestory.id

Rahim juga menjadi faktor penting bagi proses kehamilan karena setelah sel telur yang dibuahi berkembang, maka rahim akan menjadi tempat tinggal janin selama kehamilan.

Nah, jika ada masalah pada rahim atau pada serviks, maka kehamilan itu sendiri akan terganggu dan bahkan jadi sulit terjadi. Proses implantasi juga akan menjadi sulit terjadi. Jika tidak segera ditemukan dan diobati dengan tepat, kerusakan serta masalah pada rahim juga bisa meningkatkan risiko keguguran

Inilah 6 penyebab infertilitas pada wanita. Alangkah lebih baiknya periksa ke dokter untuk bisa mendapatkan penangan lebih lanjut.