Kenali Quarter Life Crisis dan Cara Atasinya ala WIJABA

Kamis, 30 Juni 2022 | 16:30:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Kenali Quarter Life Crisis Dan Cara Atasinya Ala Wijaba

Ilustrasi perempuan menghadapi quarter life crisis. (Special)

Ladiestory.id - The World is Just a Book Away (WIJABA) kembali mengadakanwebinar mengenai mental  dengan tajuk “Quarter Life Crisis” pada Kamis (30/6/2022). Topik ini sesuai dengan peserta webinar yang rata-rata berusia awal 20-an.

Dalam webinar yang diadakan secara daring itu, Valina Khiarin Nisa hadir sebagai pembicara. Valina Khiarin Nisa dinilai sebagai pembicara yang tepat bagi webinar kali ini karena latar belakangnya, yang merupakan seorang dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR). Webinar yang disertai dengan diskusi interaktif ini membahas mengenai Quarter Life Crisis (Krisis Seperempat Abad).

Webinar WIJABA (Special)

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh ketua acara. Kemudian moderator mulai membacakan latar belakang penulis. Berdasarkan paparan tersebut, dapat diketahui bahwa pembicara memiliki minat pada gangguan kepribadian ambang, konsep diri, kesehatan mental dalam keluarga, serta kajian gender dan anak. Dengan latar belakang tersebut, pembicara pun memiliki materi yang sangat relevan dengan tema webinar.

Sebelum masuk ke sesi materi, pembicara memberikan sebuah kuis singkat mengenai apa saja yang saat ini menjadi krisis di hidup. Setelah itu, pembicara menyampaikan materinya mengenai pengertian Quarter Life Crisis, ciri-ciri yang dialami, serta cara bangkit dari permasalahan mental tersebut. 

Quarter Life Crisis merupakan perusahaan khawatir atas ketidakpastian akan hidup. Biasanya permasalahan ini hadir pada usia 20-an. Biasanya mereka yang mengalami ini mulai merasakan kebimbangan akan hidupnya.

Di tengah acara webinar, pembicara mengajak peserta untuk menceritakan pengalaman Quarter Life Crisis yang sedang dialami. Setelah itu, pembicara menelaah contoh permasalahan yang dialami oleh peserta. 

WIJABA menyebarkan kebermanfaatan melalui buku, perpustakaan, serta program-program lain yang dijalankan. Dikarenakan bergerak sebagai organisasi non-profit, WIJABA tidak pernah memungut biaya sepeserpun dari pihak lain. WIJABA bergerak di bidang literasi, lingkungan, dan kesehatan dan memiliki tujuan untuk membentuk generasi pemimpin untuk masa yang akan mendatang dengan program-program pendidikan yang diadakan untuk anak-anak.