Kenali Tanda Kamu Butuh Digital Detox

Selasa, 13 Oktober 2020 | 16:47:50

LS Health

Penulis : LS Health

Kenali Tanda Kamu Butuh Digital Detox

Setiap hari kita pasti menghabiskan waktu di social media dan internet. Tapi sadar nggak, penggunaan gadget yang berlebihan bisa memberi pengaruh buruk untuk kesehatan fisik dan mental kita lhoo. 

Penggunaan perangkat digital sudah menjadi satu hal yang wajib pada kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari smartphone, laptop, tablet, computer, dll. Perangkat-perangkat digital tersebut memang sangat membantu memudahkan berbagai macam aktivitas seperti misalnya, sekolah, kerja hingga belanja sekalipun. Tetapi ternyata penggunaan perangkat digital terus-menerus yang berlebihan juga kurang bagus untuk well-being seseorang

Menurut penelitian ada beberapa fakta mengenai penggunaan perangkat digital yang berlebihan, yaitu dapat menimbulkan stress, mengganggu atau mengurangi kualitas tidur, dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seseorang, perasaan terhubung secara terus-menerus dapat mempengaruhi work-life balance, menimbulkan perbandingan sosial, dan membuat seseorang merasa tertinggal.

Apa Itu Digital Detox?

Untuk mencegah terjadinya kondisi-kondisi tersebut, dapat melakukan satu aktivitas ini yang bernama digital detox. Apa sih itu digital detox? Digital detox merupakan periode waktu dimana seseorang tidak menggunakan perangkat teknologi seperti smartphone, televisi, komputer, tablet, dan media sosial untuk sementara waktu.

Berikut adalah bahwa seseorang membutuhkan digital detox

  1. Merasa cemas atau stres jika gadget tidak terlihat di sekitarannya atau tidak ditemukan dimana pun.
  2. Merasa berkewajiban untuk memeriksa gadget setiap beberapa menit sekali.
  3. Merasa murung, cemas, atau marah setelah mengabiskan waktu di media sosial.
  4. Sangat mementingkan jumlah like dan komentar yang diperoleh pada postingan di media sosial.
  5. Merasa takut akan ketinggalan sesuatu jika tidak mengecek perangkat digital secara terus-menerus.
  6. Pola tidur terganggu karena lebih memilih menggunakan waktunya untuk bermain
  7. Tingkat konsentrasi menurun jika melakukan sesuatu tanpa mengecek

Jika termasuk dalam ciri-ciri di atas, lakukanlah digital detox demi kebaikan diri sendiri.  Ketika sedang melakukan detoks digital, dapat menggunakan waktu luang tanpa menatap layar dan melakukan berbagai kegiatan yang sukai, misalnya membaca buku. Selain itu, juga akan merasakan ketenangan tersendiri karena tidak lagi menghadapi digital noise apapun. diharuskan agar fokus terhadap hal-hal yang ada dalam kehidupan nyata di depan . Kegiatan ini dapat mengurangi rasa stres yang miliki, serta membuat fisik dan moral akan menjadi lebih sehat.

Jika termasuk orang yang sulit untuk jauh dari gadget dan ingin mencoba detoks digital, dapat mulai menerapkan langkah tips diatas dalam keseharian .

Sumber Foto Utama: Freepik.com