Kencan Pertama Tak Lancar? 5 Alasan Kamu Beri Dia Kesempatan Kedua

Senin, 20 Juni 2022 | 22:00:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kencan Pertama Tak Lancar? 5 Alasan Kamu Beri Dia Kesempatan Kedua

Pasangan Genit (Special)

Ladiestory.id - Kencan pertama dikatakan sebagai langkah awal yang penting untuk mengenal tahap awal seseorang. Banyak orang memutuskan untuk tidak pergi pada kencan kedua jika kencan pertama tidak berjalan dengan baik.

Ternyata hal tersebut tidak benar-benar menguntungkan Kamu, loh. Menurut psikoterapis berlisensi, Janine Ilsley, jika Kamu menunggu kencan pertama untuk memiliki chemistry dengan teman kencan Kamu, Kamu mungkin harus menunggu selamanya, mengabaikan bahwa inti dari hubungan baru adalah saling pengertian.

Meskipun Kamu juga tidak perlu memaksakan diri untuk kencan kedua, para ahli menyarankan untuk tetap berpikiran terbuka. Hal-hal di bawah ini adalah beberapa alasan kuat mengapa Kamu mungkin harus pergi pada kencan kedua, bahkan jika kencan pertama tidak berjalan dengan baik.

Chemistry di Kencan Pertama Mungkin Tidak Terjadi

Ilustrasi pasangan tidak akur. (Special)

“Kita semua berpikir bahwa chemistry adalah indikator kecocokan. Namun, ada lebih banyak hubungan yang langgeng dan sehat yang tidak diawali dengan chemistry saat kencan pertama,” tutur Jessica Jefferson, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

Jessica merekomendasikan untuk tidak menjadikan chemistry sebagai prioritas. Sebagai gantinya, menghabiskan waktu berkualitas bersama dan saling mengenal tentu jauh lebih baik. Semua faktor ini, yang mungkin tidak akan Kamu dapatkan pada kencan pertama.

Kencan Pertama Tidak Berjalan dengan Baik Karena Gugup

Ilustrasi pasangan. (Special)

Terkadang, kencan pertama bisa menjadi stres tersendiri bagi seseorang. Kencan tersebut bahkan dapat membuat Kamu sendiri merasa gugup dan susah untuk menikmatinya. Ini juga dapat mencegah Kamu dan teman kencanmu untuk saling mengenal sepenuhnya.

"Kecuali ada sesuatu yang benar-benar tidak kamu sukai sehingga kamu tidak ingin melakukannya lagi, jangan pernah menganggap bahwa kamu tahu [segala sesuatu tentang teman kencan]," kata terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Sharon Gilchrest O'Neill.

Jangan Terikat pada Tipe yang Kamu Inginkan

Ilustrasi benching. (Special)

Tidak masalah jika Kamu sedang mencari pasangan sesuai tipe yang diinginkan. Namun, menurut mak comblang PsyD dan pelatih kencan, Holly Battey, hal tersebut adalah sebuah hal yang wajar saja. Namun, mematuhi jenis standar ini dapat membatasi pertimbangan Kamu terhadap calon pasangan nantinya.

Jadi, jika Kamu tertarik untuk berkencan dengan seseorang, meskipun dia bukan tipe idealmu, cobalah untuk tetap berpikiran terbuka dan jangan menahan keinginan untuk mengenalnya. Berkencan dengan seseorang yang bukan tipe ideal Kamu dapat membuka hal-hal baru yang mungkin Kamu sukai.

Kamu Masih Bisa Menikmati Kebersamaan Dengannya

Ilustrasi pasangan. (Special)

Ketika Kamu tidak yakin apakah akan pergi ke kencan kedua, terapis seks dan hubungan, Michelle Herzog, merekomendasikan untuk merenungkan kualitas kencan pertama Kamu. Meskipun terasa canggung, pikirkanlah apakah Kamu benar-benar menikmati berbicara dengannya dan menghabiskan waktu bersamanya.

Bahkan, meskipun Kamu tidak memiliki sebuah perasaan padanya, sapat menikmati waktu dengannya cukup menjadi alasan kuat mengapa Kamu perlu melakukan kencan kedua.

Chemistry Mungkin Muncul di Kencan Kedua

Ilustrasi pasangan berkompromi. (Special)

Psikoterapis LPC, Nicole Ohebshalom, mengatakan jika orang-orang yang mencari hubungan yang bermakna dan langgeng, membiarkan chemistry terbangun dalam waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan chemistry yang diperoleh secara instan dapat lebih cepat padam dengan sendirinya.

“Kamu seharusnya ingin memastikan bahwa orang ini benar-benar memahami siapa dirimu dan sebaliknya. Dengan begitu, kamu dan dia memiliki chemistry yang berkelanjutan, ditambah dengan koneksi yang lebih dalam,” ungkapnya.