10 Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

Senin, 10 Januari 2022 | 10:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

10 Kerajinan Tangan Indonesia Yang Mendunia, Bikin Bangga!

Leeteuk SUJU kenakan batik. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai negara yang kaya akan budaya dan keseniannya, Indonesia memiliki kerajinan tangan yang berasal dari berbagai daerah di penjuru Nusantara. Kerajinan tersebut bukan hanya dikenal oleh penduduk lokal, tapi juga sudah menjadi kerajinan tangan Indonesia yang mendunia.

Bikin bangga, berikut Ladiestory.id merangkum beberapa kerajinan tangan Indonesia yang mendunia.

1. Kerajinan Batik

Ilustrasi orang membatik. (Special)

Batik menjadi salah satu kerajinan tangan Indonesia yang mendunia. Memiliki beragam motif yang unik, batik bisa Kamu temui di berbagai wilayah Indonesia. Beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil batik, antara lain Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Madura, Cirebon, Tasikmalaya, bahkan daerah di Sumatera hingga Kalimantan.

2. Kerajinan Kulit

Ilutrasi kerajinan kulit. (Special)

Kerajinan tangan yang mendunia selanjutnya adalah kerajinan kulit. Terdapat berbagai varian produk yang meramaikan pasar dunia, seperti tas, sepatu dan sandal. 

3. Kerajinan Anyaman

Ilustrasi kerajinan anyaman. (Special)

Hasil kerajinan tangan anyaman, baik bambu maupun rotan, sukses menembus pasar ekspor. Sehinga, menjadi komoditi industri kerajinan yang banyak digemari masyarakat dunia. Salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan anyaman adalah Cirebon. Daerah ini dikenal dengan kualitas anyaman rotan yang bagus.

4. Kerajinan Perak

Kerajinan tangan selanjutnya adalah perak, yang telah menjadi salah satu kerajinan Indonesia yang banyak penggemarnya  di dunia. Salah satu penghasil kerajinan perak di kota Yogyakarta adalah daerah Kotagede.

5. Kerajinan Tenun

Ilustrasi kerajinan tenun. (Special)

Tenun adalah kerajinan tangan khas Indonesia yang berhasil menembus pasar dunia. Jenis tenun songket menjadi yang paling terkenal. Kain tenun merupakan kerajinan khas wilayah Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara yang banyak digemari masyarakat dunia.

6. Kerajinan Ukiran Kayu

Kerajinan tangan ukiran kayu dikenal memiliki nilai keindahan indah dengan bentuk, motif dan desain yang rumit . Hal inilah uang membuat kerajianan ukiran kayu Indonesia menjadi incaran konsumen dari Eropa dan Amerika. Jepara menjadi kota yang terkenal dengan ukiran kayunya. Namun, beberapa daerah,seperti Garut dan Yogyakarta, pun turut menghasilkan ukiran kayu yang tak kalah apik.

7. Kerajinan Logam

Sama halnya dengan perak, kriya logam asal Indonesia juga sudah dikenal hingga mancanegara. Biasanya, logam digunakan sebagai pelengkap dari kerajinan lain, seperti  dudukan cincin, atau engsel pintu rumah.

8. Kerajinan Keramik

Produk kerajinan keramik buatan Indonesia berhasil berhasil menarik minat pasar dunia. Kualitas keramiknya bahkan tidak kalah dengan Cina. Barang berupa guci, vas bunga, hingga patung menjadi komoditas eskpor.

9. Kerajinan Gerabah

Ilustrasi kerajinan gerabah. (Special)

Kerajinan gerabah Indonesia sudah dikenal di mancanegara. Selain punya kualitas yang unggul, kerajinan gerabah Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Salah satu penghasil kerajinan gerabah di Nusantara yaitu Kota Yogyakarta.

10. Kerajinan Wayang

Wayang merupakan salah satu kerajinan tangan unik yang banyak digemari orang-orang di luar negeri. Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai bagian budaya asli dari Indonesia.