Punya Banyak Waktu Luang? Yuk Bikin Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Selasa, 28 Desember 2021 | 17:15:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Punya Banyak Waktu Luang? Yuk Bikin Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Ilustrasi mengolah barang bekas. (Special)

Ladiestory.id - Barang bekas merupakan suatu benda yang sudah tidak terpakai lagi. Namun jika berada di tangan yang tepat, barang bekas dapat memiliki nilai pakai apabila didaur ulang.

Kerajinan tangan adalah upaya untuk memanfaatkan kembali barang bekas tersebut. Tentu saja lewat bentuk-bentuk kreatif kerajinan yang bernilai guna. Sebenarnya di tengah-tengah masyarakat sendiri, kerajinan tangan barang bekas saat ini sudah menjadi trend. Hal ini memberikan nilai ekonomis, penggunaan barang bekas pun dapat meminimalisir penumpukan sampah plastik yang ada.

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Jika Kamu gabut, memiliki waktu luang, dan memiliki barang bekas, marilah berkarya. Jangan bingung harus membuat apa, coba tengok inspirasi kerajinan tangan dari barang bekas di bawah ini.

1. Pot tanaman gantung dari botol bekas

Ilustrasi pot tanaman gantung dari botol bekas. (Special)

 

Inspirasi kerajinan tangan pertama, Kamu bisa membuat pot tanaman gantung. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas yang dibuat sendiri di rumah.

Mulai dengan menyiapkan botol bekas minuman bersoda. Potong dan buang bagian tutupnya. Selanjutnya, gunakan cutter untuk memotong bagian atas botol yang bisa kamu bentuk. Kamu bisa menyesuaikan panjangnya sesuai selera.

Warnai botol tersebut dengan cat semprot. Sesuaikan dengan seleramu. Lalu ambil tali dan pasangkan pada telinga kelinci yang sudah dilubangi sebelumnya. Terakhir, masukan tanaman yang sudah disiapkan lalu gantung pot tersebut sesuai selera.

2. Lampu gantung dari kardus bekas

Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan berupa lampu gantung dengan memanfaatkan barang bekas yakni dari kardus bekas. Tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang dibayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya.

Siapkan  kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot. Lalu potong kardus dengan panjang 60 cm dan lebar 21 cm. Cat permukaan kardus dengan warna putih pada satu sisi dan permukaan ini dijadikan warna dalam agar cahaya lampu dapat terang.

Lipat kardus menjadi segilima dan jangan lupa bahwa permukaan yang dicat putih tadi adalah bagian dalam, sedangkan sisi luar masih warna kardus asli. Setelah dilipat, kardus dipotong-potong menjadi banyak dengan cara kardus dibentangkan. Lipat kembali kardus menjadi segilima menggunakan lem agar lipatan tidak kembali ke semula.

Potongan kardus lalu disusun kembali dengan posisi berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya menggunakan lem agar merekat. Buat kembali lembaran kardus menjadi bentuk segilima sebagai tempat meletakkan lampu.

Di bagian tengah kardus yang berbentuk segilima tersebut, buatlah lubang kemudian pasang tempat untuk lampu dan kabelnya. Gabungkan kembali lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang telah dipotong sebelumnya. Lampu hias sudah selesai. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau teras rumah.

3. Tempat sendok dari kaleng bekas

Insprasi kerajinan tangan dari barang bekas yakni membuat tempat sendok dari kaleng bekas. Kamu bisa menyulap kaleng bekas minuman atau makanan untuk menjadi barang lebih berguna.

Cukup hias kaleng tersebut sesuai selera kamu. Lalu jika ingin digantungkan, kamu bisa menambahkannya dengan tali. Kreasikan dan hiaslah menjadi barang yang lebih indah untuk digunakan.

4. Pigura dari stik es krim

Kerajinan tangan selanjutnya kamu bisa membuat pigura dari stik es krim. Barang bekas ini dapat kamu sulap menjadi barang yang berguna bahkan esteti hlo.

Kamu tinggal mengumpulkan dan kemudian menggabungkan stik es krim menjadi satu. Selain menjadi piguran, stik es krim sebenarnya bisa dibuat menjadi beberapa barang yang lebih bermanfaat seperti kotak tepat tisu dan sebagainya.

5. Tas dari kain perca

Kain perca merupakan bahan sederhana yang kerap dibuang terutama di pabrik garmen atau penjahit. Nah, kamu bisa mengkreasikan barang bekas ini menjadi sebuah kerajinan tangan. Bahkan dapat menjadi sumber penghasil uang juga hlo.

Kamu bisa menyulap kain perca ini menjadi sebuah tas yang memilik harga jual tinggi. Namun kamu harus pas dalam mengkombinasikan warna dan bentuk potongan kainnya.

Selain menjadi tas, kain perca juga bisa dikreasikan menjadi gorden yang modis atau bahkan boneka yang lucu-lucu.