Kanker Tiroid Papiler, Penyakit yang Diderita Aktris Korea Park So Dam

Selasa, 14 Desember 2021 | 20:10:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Kanker Tiroid Papiler, Penyakit Yang Diderita Aktris Korea Park So Dam

Park So Dam. (Instagram.com/sodam_park_0908)

Ladiestory.id - Melalui agensinya, Artist Company, aktris korea Park So Dam diketahui tengah menjalani masa pemulihan usai melakukan operasi. Park So Dam adalah salah satu artis yang membintangi film "Parasite" yang didiagnosis menderita penyakit kanker tiroid papiler.

Dirinya dinyatakan mengidap penyakit ini setelah menjalani pemeriksaan kesehatan rutin yang biasa dilakukan. Masa pemulihannya ini membuat Park So Dam harus menjalani waktu istirahat dan menyatakan absen di aktivitas keartisannya, termasuk pada promosi film "Special Delivery" yang diperankannya.

Lalu sebenarnya apa itu penyakit kanker tiroid papiler? Berikut Ladiestory.id akan membahasnya.

Apa itu kanker tiroid papiler?

Kanker tiroid papiler atau bahasa medisnya Karsinoma Tiroid Papiler adalah jenis kanker tiroid yang paling umum terjadi. Kanker tiroid ini menyerang kelenjar tiroid, biasanya kanker tiroid ini meningkat karena pasien pernah mengalami penyakit gondok. Kanker tiroid papiler ini sering tidak disadari karena gejalanya yang tidak terasa pada awalnya. 

Gejala kanker tiroid papiler

Di awal, kanker tiroid jarang menunjukan gejalanya, namun semakin lama pertumbuhan sel akan memunculkan benjolan di bagian leher. Selain benjolan gejala lain yang biasanya terasa adalah batuk, rasa nyeri di leher, sakit tenggorokan, suara serak yang tak kunjung membaik, sulit menelan dan bernapas, serta pembengkakan kelenjar getah bening yang berada di bagian leher. 

Faktanya kanker tiroid papiler menyerang lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki. Perempuan dengan umur di bawah 40 tahun menjadi semakin berisiko. Setelah mengetahui gejala yang biasanya terjadi, perlu diketahui juga penyebab munculnya penyakit kanker tiroid papiler ini.

  • Memiliki riwayat penyakit gondokan, seperti yang telah disinggung di awal bahwa memiliki riwayat sakit gondokan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit kanker tiroid papiler. 
  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker tiroid papiler.
  • Berjenis kelamin wanita
  • Memiliki kondisi medis tertentu, contohnya obesitas dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker tiroid papiler

Pencegahan terbaik yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyakit kanker tiroid papiler dan penyakit lainnya tentunya dengan menjaga kesehatan sebaik mungkin, mengkonsumsi asupan yang sehat, tidak mengkonsumsi minum beralkohol dan tidak merokok serta membiasakan diri untuk melakukan olahraga.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kesehatan secara rutin atau saat gejala mulai terasa. Salam sehat!