Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | KEUNTUNGAN MEMBELI PRODUK LOKAL INDONESIA

Keuntungan Membeli Produk Lokal Indonesia

LS Lifestyle
Minggu, 07 Maret 2021 | 05:27:34
Durasi baca: 2 menit, 35 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Keuntungan Membeli Produk Lokal Indonesia

Kenapa harus beli produk lokal, memangnya produk lokal lebih baik? Apa alasan dan keuntungan beli produk lokal? Dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitan produk dan industri kreatif lokal semakin terasa berkat kolaborasi antara entrepreneur dalam negeri dengan pemerintah. Dimulai dari UMKM hingga startup yang bergerak dalam berbagai bidang seperti teknologi, kuliner makanan dan minuman, fashion, dan kategori lainnya yang semakin banyak bermunculan.Kesadaran membeli produk ramah lingkungan memang menjadi sebuah langkah etikal sebagai konsumen yang turut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan.

Pada 2015 silam, Nielsen dalam laporannya menyebutkan bahwa 73% konsumen Milenial memilih untuk membayar lebih produk yang berkelanjutan bagi lingkungan, begitu pula 62% Gen Z yang memilih membeli sustainable brand. Ini artinya, konsumen muda nggak cuma menggunakan produk yang hanya baik untuk diri sendiri, melainkan juga sadar untuk berlaku adil terhadap lingkungan. Salut!

Mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia

Dengan Mama memilih produk lokal, berarti Mama telah membantu pemerintah untuk menjalankan roda perekonomian Indonesia. Sebab, saat Mama memilih untuk membeli produk lokal ketimbang produk impor maka Mama telah mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan data tahun 2015 bahwa subsektor ekonomi kreatif menyumbang 852 T (7.38%) Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara. Sedangkan di tahun 2019 subsektor ekonomi kreatif menyumbang 1.100 T (7.55%). Itu berarti, telah terjadi peningkatan sebesar 0.17% selama 4 tahun terakhir.

Baca juga: Menu Lebaran Favorit Masyarakat Indonesia

Memberdayakan komunitas lokal dan menciptakan lapangan pekerjaan

Alasan lainnya mengapa memilih produk lokal itu penting adalah adanya komunitas lokal dan terciptanya lapangan pekerjaan. Umumnya, produk lokal akan mengolah sumber daya dari daerah lokal untuk dijadikan bahan baku yang berkualitas. Untuk menjalankan usaha tersebut juga akan memberdayakan sumber daya manusia di daerah sekitar. Dengan begitu lapangan pekerjaan baru akan tercipta. Lalu, angka pengangguran usia produktif dapat berkurang.

Harga murah gak selalu menguntungkan semua pihak

Siapa yang gak senang dapetin baju bagus dengan harga murah, ya gak sih? Tapi sebagai pembeli cerdas, kamu perlu berpikir bagaimana proses dibalik pembuatan setiap pakaian tersebut dan latar belakang dari brand yang kamu pilih, ladies.

Rasa bangga terhadap kreasi anak bangsa

Terakhir, pertimbangan lain dari Mas Robbi dalam menggunakan produk lokal adalah rasa bangga terhadap karya anak negeri sendiri. Mas Robbi juga menambahkan bahwa ini sudah waktunya masyarakat merasa bangga dengan produk buatan lokal. Soalnya, saat ini kualitas produknya nggak kalah dan bahkan ada yang lebih bagus dari produk impor sejenis. Yang terpenting, produk lokal biasanya dibuat dengan banyak pertimbangan, sesuai dengan selera masyarakat, kondisi cuaca, dan warisan budaya yang ada di Indonesia.

Terlibat dalam memperluas lapangan kerja

Menggunakan produk lokal nggak hanya menguntungkan dirimu sendiri, namun juga orang lain. Soalnya, secara nggak langsung, kamu ikut terlibat dalam memperluas lapangan kerja di Indonesia. Dari pengalaman Mas Robbi, yang terlibat bukan hanya produsen dan orang yang ikut dalam produksi produk lokal aja. Melainkan juga operasional, pemasaran, dan ukm lain yang terlibat dalam penjualan. Coba hitung, banyak banget orang yang mendapatkan lapangan kerja dari produk yang kamu gunakan, kan?

Banyak brand lokal Indonesia yang sudah banyak berkembang dari segi desain, kualitas, maupun harga. Tentunya dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, kamu sudah mendukung dan menggerakan pergerakan ekonomi tanah air. Bukan cuma menguntungkan banyak pihak, kamu juga termasuk jadi yang diuntungkan karena bisa tampil stylish juga, ladies. Gimana gak jadi cinta coba dengan produk-produk Indonesia?

Baca juga: Pilihan Produk Serum Garnier Yang Cocok Untuk Mengembalikan Kulit Yang Kusam dan Berjerawat


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Keuntungan Membeli Produk Lokal Produk Lokal Merek Produk Lokal Made In Indonesia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle