Gak Perlu Beli TV Baru, Ini 5 Keuntungan Pakai Set Top Box

Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Gak Perlu Beli Tv Baru, Ini 5 Keuntungan Pakai Set Top Box

Ilustrasi Set Top Box. (Special)

Ladiestory.id - Sejak diberlakukannya siaran TV digital, banyak orang merasa kebingungan untuk menonton televisi. Sebab, untuk menikmati siaran TV digital, kamu memerlukan alat tambahan atau perlu membeli televisi baru yang dianggap lebih modern.

Nah, salah satu cara yang paling mudah kamu lakukan untuk tetap bisa menikmati siaran TV digital yaitu dengan membeli Set Top Box atau STB di toko elektronik terdekat. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis STB yang kamu beli. Pastikan STB yang kamu beli telah terdaftar di Kominfo dan juga memiliki kualitas yang baik. 

Salah satu perwakilan dari Direktorat Penyiaran Kominfo, Sukamto mengatakan bahwa masyarakat perlu menghindari produk STB tidak resmi.

Set Top Box yang sudah bersertifikasi Kominfo dijamin dapat menerima siaran TV digital. Namun, jika membeli Set Top Box dari luar negeri belum tentu menerima siaran TV digital,” ujarnya, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

Beberapa tips yang perlu kamu terapkan saat membeli Set Top Box yaitu, pastikan STB yang kamu beli memiliki sertifikat dari Kominfo, sesuaikan dengan kebutuhan, cari tahu lebih dalam STB yang akan kamu beli, dan cari tanda khusus pada kemasan.

Lalu apa sih keuntungan dari menggunakan Set Top Box? Yuk simak ulasannya berikut!

Bisa Nikmati Siaran Tanpa Beli TV Baru

Ilustrasi menonton TV. (Special)

Harga yang terjangkau membuat Set Top Box memiliki keuntungan yang besar. Sebab, kamu dapat menikmati siaran digital tanpa perlu membeli TV baru.

Sebab, TV digital yang dapat menangkap siaran tanpa harus dilengkapi Set Top Box harganya masih terbilang selangit. Sehingga, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak, mulai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Sedangkan, Set Top Box hanya memerlukan ratusan ribu dan kamu akan mendapatkan jenis yang terbaik. Tak pusing lagi, untuk menikmati siaran digital pada TV lamamu.

Tidak Perlu Antena Khusus

Ilustrasi set top box. (Special)

Sebagian masyarakat masih berpikir bahwa Set Top Box memerlukan antena khusus. Padahal, penggunaan STB tidak memerlukan antena khusus atau parabola untuk menikmati siaran digital. Ketika menggunakan Set Top Box, kamu dapat memanfaatkan antena televisi UHF-VHF.

Pilihan Channel yang Lebih Beragam

Ilustrasi menonton TV. (Special)

Ketika kamu menggunakan Set Top Box, kamu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan channel yang lebih beragam. Selain itu, tampilan siaran pun lebih jernih untuk kamu nikmati.

Bisa Baca Format Video

Ilustrasi menonton TV. (Special)

Selain bisa mengakses berbagai channel, Set Top Box juga dapat membaca format video. Sehingga, memungkinkan kamu menonton video yang telah dimiliki. Cukup tancapkan USB yang berisi video milikmu. Kemudian, kamu dapat menikmati tayangan video pada layar televisi. Menarik, bukan?

Tak Ada Biaya Langganan

Ilustrasi set top box. (Special)

Mungkin kamu sering mendengar istilah TV berlangganan atau TV kabel. Hal tersebut dilakukan supaya kamu dapat menikmati siaran yang jernih dan channel yang beragam.

Nah, dengan menggunakan Set Top Box, kamu dapat menikmati dua keuntungan tersebut tanpa tambahan biaya, lho. Sehingga, kamu tak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk kebutuhan tersier, seperti menonton televisi. Jadi, bisa lebih hemat, Ladies.