Keuntungan Penggunaan Chatbot di Industri Entertainment

Kamis, 23 Maret 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Keuntungan Penggunaan Chatbot Di Industri Entertainment

Keuntungan Penggunaan Chatbot. (Special)

Ladiestory.id - Sekarang ini industri entertainment semakin berkembang pesat, mulai dari musik, film, maupun game. Hal tersebut mengakibatkan tak jarang pula perusahaan di industri entertainment sering kali kesulitan mencapai personalisasi dalam skala besar untuk berkomunikasi dan terhubung dengan audiens mereka.

Chatbot telah mendorong industri entertainment untuk mampu menghadirkan konten yang dipersonalisasi, peluang media baru, dan meningkatkan efektivitas komunikasi pada platform apapun. 

Chatbot dapat membantu para penggunanya untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat tentang informasi yang mereka cari. Contoh bot di industri entertainment adalah bot cuaca, bot game, bot slack, maupun Google Home. Dengan adanya Chatbot, kamu dapat menyelesaikan tugas lebih cepat daripada biasanya.

Keuntungan Penggunaan Chatbot. (Special)

 

Keuntungan Penggunaan Chatbot di Industri Entertainment

Broadcasting

Dalam dunia broadcasting, chatbot digunakan untuk konten yang yang dapat diproses yang dapat disiarkan ke database besar secara global. Adanya hal ini tentunya dapat meningkatkan pengalaman di dunia entertainment.

Jangkauan penonton yang lebih besar

Bot dapat digunakan di media sosial untuk menghasilkan rasio penayangan dan keterlibatan penonton yang lebih luas. Sebuah perusahaan juga bisa menggunakan bot untuk berkomunikasi dengan audiens mereka dalam jumlah yang banyak.

Kemudahan browsing

Saat berkomunikasi dengan bot, kamu akan dibantu untuk mengambil informasi dengan mudah tanpa banyak navigasi di situs web atau aplikasi untuk mendapatkan berita. Pengguna dapat berkomunikasi dengan chatbot dan akan mendapatkan jawaban atas semua pertanyaannya.

Peringatan responsif

Chatbot dapat berpendapat dan memahami penggunaan dan perilaku penggunanya berdasarkan di mana mereka dapat mengirimkan peringatan tentang cuaca, berita, memberikan rekomendasi suatu acara, film, bahkan tentang pembaruan acara.

Customer service

Untuk suatu perusahaan dan platform entertainment yang menyediakan layanan chatbot untuk membantu mereka pada customer service, mereka dapat memberikan solusi pada saat bepergian, seperti halnya pembaruan berita, blog hiburan, streaming musik, streaming video, situs game, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan customer experience atau pengalaman pelanggan dan akan menghasilkan laba yang lebih besar untuk perusahaan.

Kontrol konten

Bot dapat mengontrol pengiriman konten ke banyak orang. Mereka dapat menggunakan hal ini untuk menghindari spam konten, sehingga mereka hanya membaca dan menonton sesuatu yang sesuai dengan minat mereka.

Pendaftaran event

Chatbot juga dapat digunakan untuk mencari info tour dan event berdasarkan preferensi, lokasi, harga, serta mereka juga dapat memesan langsung tiket untuk mereka. Bagi sebuah penyelenggara event, bot dapat membantu melacak pemesanan tiket event mereka.

Prediksi potensi keuntungan

Chatbot memungkinkan kamu untuk bisa memprediksi pendapatan mereka pada lokasi pengguna, jenis perangkat, pola perilaku, waktu jelajah, dan aspek lain yang mengarah pada konversi lebih lanjut. Chatbot membantu perusahaan kamu menganalisis bagaimana pengguna menanggapi pesan yang terkirim dari kumpulan data yang telah dikumpulkan.

Kenapa Harus Menggunakan Chatbot untuk Industri Entertainment?

  • Pembuatan bot yang mudah

Chatbot dapat disesuaikan sesuai dengan template yang kamu inginkan, OCA siap membantu kamu dalam membuat dan mengatur hal tersebut. Jadi walaupun kamu kurang memahami coding dan pemrograman, kamu tetap bisa menggunakan chatbot untuk pengembangan media entertainment kamu bersama OCA.

  • Respon cepat

Tentunya dengan layanan chatbot yang dimiliki OCA, kamu dapat melakukan percakapan dengan audiens menggunakan pesan otomatis. Yang mana layanan ini akan membantu kamu merespons pertanyaan dengan cepat dan tepat.

  • Administrasi bot

OCA memungkinkan kamu dapat memantau kinerja bot yang digunakan. Hal ini akan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang dikumpulkan melalui interaksi pengguna bot untuk meningkatkan efektivitas bot. 

Industri entertainment memiliki masa depan yang sangat baik, dan chatbot akan memiliki peran utamanya sendiri dalam hal itu. Dengan menggunakan chatbot, sebuah perusahaan berpotensi dapat mengurangi biaya, mengelola investasi di saluran yang lebih bermanfaat, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta dapat menarik minat dari orang baru.