Keuntungan Penggunaan WhatsApp Business API bagi Penyelenggara Event

Rabu, 28 Desember 2022 | 09:30:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Keuntungan Penggunaan Whatsapp Business Api Bagi Penyelenggara Event

WhatsApp Business API. (Special)

Ladiestory.id - Di zaman yang sudah serba modern ini, pasti kamu pernah mendapatkan pesan WhatsApp dari suatu produk atau instansi yang akun WhatsApp nya bukan lagi tertulis nomor WhatsApp, tapi tertulis nama produk atau instansi yang bersangkutan.

WhatsApp Business API. (Special)

Itu pertanda bahwa instansi tersebut telah memanfaatkan fitur WhatsApp Business API. Sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunakan WhatsApp Business API, khususnya bagi para pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan kinerja pelayanan bisnis mereka.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah salah satu platform yang memfasilitasi pemilik bisnis, brand, dan pengguna. Dengan WhatsApp Business API, para pengguna bisa mengirim pemberitahuan, pesan layanan pelanggan, dan berbagai informasi penting lainnya seputar bisnis mereka.

Application Programming Interface atau yang biasa disingkat dengan API adalah serangkaian kode yang terhubung langsung dengan software perusahaan, di mana software tersebut juga akan kembali dihubungkan dengan akun WhatsApp.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, para pelanggan akan lebih terbantu untuk melakukan interaksi dengan pelaku usaha.

Namun tak hanya itu, ternyata WhatsApp Business API juga bisa digunakan oleh para penyelenggara event untuk mempermudah alur kerja mereka. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, kamu bisa mengirimkan pesan blast ke banyak orang untuk mempromosikan event kamu.

WhatsApp Business API akan diprogram sesuai template yang diinginkan oleh para penggunanya. Kamu bisa menentukan sendiri template dan alur pengiriman pesan seusai alur kerja yang diinginkan.

WhatsApp Business API. (Special)

Keuntungan WhatsApp Business API

Mempermudah pemasaran 

WhatsApp Business API bisa digunakan sebagai wadah untuk membantu tim marketing dalam mempromosikan event. Kamu bisa mengirimkan pemasaran event menggunakan WhatsApp Business API, dengan menyertakan detail dari event, bahkan dengan menyertakan posternya juga.

Mengirimkan rincian dan payment update

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, kamu bisa mengirimkan rincian pembayaran, serta metode pembayaran yang tersedia. Kemudian, WhatsApp Business API akan kembali mengirimkan update pembayaran setelah konsumen melakukan transaksi.

Mempermudah distribusi e-ticket

E-ticket juga bisa dikirimkan otomatis melalui WhatsApp Business API. Kamu tak perlu repot-repot mengirimkan tiket atau retur melalui e-mail ataupun membagikannya secara langsung karena menggunakan WhatsApp Business API juga kamu bisa melampirkan link, maupun file yang dibutuhkan.

Mengirimkan reminder

Tentunya, WhatsApp Business API juga bisa mengirimkan pesan untuk mengingatkan konsumen terkait hari diselenggarakannya event yang diadakan, detail event, dan imbauan untuk para peserta event atau mengingatkan konsumen mengenai produk atau pembayarannya.

Merespons cepat sesuai template

WhatsApp Business API akan dengan sigap merespons pertanyaan yang masuk sesuai template. Kamu bisa menyediakan FAQ (Frequently Asked Questions) di laman WhatsApp Business API kamu untuk memudahkan para konsumen mendapatkan jawaban dari pertanyaannya. 

Namun, apabila konsumen memiliki pertanyaan lain, kamu bisa menyediakan pilihan untuk konsumen menuliskan pertanyaannya sendiri, yang kemudian bisa dijawab melalui pesan WhatsApp maupun e-mail.

Mempersingkat waktu

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, event yang terselenggara atau produk yang dipasarkan akan lebih cepat tersebar luas, serta lebih cepat juga alur pembelian dan pendistribusiannya. Sehingga konsumen akan lebih cepat menerima tiket yang dibeli.

Semua data menjadi lebih terstruktur

Secara otomatis, WhatsApp Business API yang terhubung dengan software penyelenggara event, akan memuat data pembelian, pembayaran, bahkan pendistribusian produk menjadi lebih rapi dan terstruktur.

Itu dia tadi beberapa keuntungan penggunaan WhatsApp Business API dalam membantu penyelenggaraan suatu event atau pemasaran produk. Tentunya, keberadaan WhatsApp Business API akan sangat membantu kamu untuk memperluas jangkauan.