Semakin Canggih, WhatsApp Uji Coba Fitur Quick Share Ala Android

Kamis, 25 Januari 2024 | 09:10:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Semakin Canggih, Whatsapp Uji Coba Fitur Quick Share Ala Android

Ilustrasi WhatsApp. (Pexels.com/Anton)

Ladiestory.id - WhatsApp baru-baru ini diketahui tengah menguji fitur terbaru yang disebut dengan Quick Share. Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna berbagi file tanpa gangguan antara ponsel Android dan komputer, yang menggunakan Chrome OS dan Windows.

Fitur yang ditemukan WABetaInfo di WhatsApp versi beta Android terbaru ini menggunakan Bluetooth untuk transfer file. Hadirnya fitur Quick Share ini juga akan memungkinkan pengguna untuk berbagi file hingga ukuran 2GB.

Hal ini menjadi opsi yang lebih cepat dan nyaman dibandingkan metode tradisional seperti mengirim file melalui chat atau menggunakan penyimpanan cloud.

Dilansir dari Gizmochina Online, WABetaInfo menjelaskan bahwa untuk dapat mengirim file, kedua pengguna harus berada di bagian “People Nearby”, agar transfer dapat berfungsi, dan keduanya harus tetap di sana hingga transfer selesai. Menariknya, pengguna perlu menggoyangkan ponselnya untuk mulai berbagi.

Cara ini akan tetap menggunakan enkripsi end-to-end, untuk memastikan berbagi file sama amannya dengan metode standar WhatsApp. Selama transfer, nomor telepon akan tetap tersembunyi dan tidak dapat dilihat oleh orang yang tidak ada dalam daftar kontak.

Fitur Quick Share. (wabetainfo.com)

Fitur Quick Share yang menjadi bagian dari fitur People Nearby masih dalam pengerjaan dan belum mencapai tahap pengujian beta. Namun bagi sebagian orang telah menemukan fitur tersebut di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.2.20, dan mungkin akan hadir di pembaruan mendatang, sama seperti sebagian besar eksperimen WhatsApp sebelumnya.

Sebelumnya, WhatsApp juga menguji coba format teks baru di platformnya yang akan tersedia di Android dan juga iOS. Format baru yang tengah disiapkan akan membuat pesan yang dikirim di WhatsApp semakin tertata dan bervariasi.

Sebelumnya sudah ada seperti teks lebih tebal (bold), teks miring (italic), maupun teks yang dicoret (strikethrough). Fitur yang sedang diuji coba pengguna salah satunya adalah simbol ">" yang pada saat digunakan dapat membuat pesan tersorot secara khusus.