6 Khasiat Jamu Kunyit Asam bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kamis, 25 November 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Khasiat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Foto: IDNtimes

Ladiestory.id - Bagi masyarakat Indonesia minum jamu sudah menjadi kebiasaan. Salah satu jamu yang paling populer adalah jamu kunyit asam. Kunyit asam diyakini memiliki banyak khasiat bagi tubuh, apa saja khasiatnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Khasiat Jamu Kunyit Asam

Inilah khasiat jamu kunyit asam bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Khasiat pertama dari kunyit asam adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat kunyit asam yang satu ini didapatkan dari zat antioksidan, anti peradangan dan antibakteri yang terkandung dalam jamu kunyit asam

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa, bisa sebagai pelindung bagi tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang menyebabkan penyakit.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat kunyit asam yang lainnya adalah dapat melancarkan serta mengurangi nyeri saat haid. Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi hormon prostaglandin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. 

Adanya campuran kunyit dan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh baik pada sistem saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim dan nyeri yang ditimbulkan dapat berkurang. Buat para wanita, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum, pada saat dan  sesudah haid.

3. Mengurangi Bau Badan

Foto: Harianpijar

Manfaat kunyit asam berikut yaitu mengatasi masalah bau badan. Bau badan memang menjadi masalah sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih. Hal ini tentu dapat membuat tidak percaya diri.

Tapi tenang, masalah bau badan bisa kamu atasi dengan mengkonsumsi minuman kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa tambahkan daun beluntas dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi

4. Menurunkan Berat Badan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam jawa memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak.

Hal inilah yang membuat kunyit asam berkhasiat untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

5. Mencegah Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Selain berkhasiat bagi kesehatan, jamu kunyit asam juga memiliki khasiat bagi kecantikan, salah satunya mencegah timbulnya jerawat. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit ternyata menjadi zat ampuh yang dapat menghambat munculnya jerawat pada wajah.

Disamping itu, kandungan yang terdapat dalam minuman kunyit asam juga dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh masalah kulit lain seperti ruam, kurap dan kudis. Jadi, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.

6. Mengatasi Keputihan

Keputihan pada wanita normalnya dialami pada saat menjelang dan sesudah menstruasi. Hal ini karena adanya bakteri, sel mati, jamur atau parasit dalam cairan yang diproduksi oleh rahim dan mengantarkannya keluar melalui lubang vagina. 

Untuk keputihan yang normal kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jamu kunyit asam dengan rutin. 

Jamu kunyit asam diyakini dapat mengatasi keputihan karena adanya kandungan minyak atsiri dan mineral yang dapat membersihkan sisa-sisa darah haid pada saluran tuba falopi, yaitu saluran yang fungsinya sebagai tempat mengalirnya sel telur menuju rahim. 

Itulah 6 khasiat dari jamu kunyit asam yang dikonsumsi secara rutin. Jamu kunyit asam jamu tradisional, yang pasti aman dikonsumsi secara rutin dalam batasan yang wajar.