Kita Perlu Membicarakan: Kesehatan Vagina

Jumat, 21 Februari 2020 | 15:58:23

LS Health

Penulis : LS Health

Kita Perlu Membicarakan: Kesehatan Vagina

Kita perlu membicarakan tentang vagina. Seandainya kamu perlu diingatkan, vagina adalah saluran elastis, berotot dengan lapisan lembut dan fleksibel yang memberikan pelumasan dan sensasi. Vagina menghubungkan rahim ke dunia luar. Vulva dan labia membentuk pintu masuk, dan serviks dari rahim menonjol ke dalam vagina, membentuk ujung interior.

Vagina juga berfungsi sebagai penerima penis selama hubungan seksual dan juga berfungsi sebagai saluran untuk aliran menstruasi dari rahim. Saat melahirkan, bayi melewati vagina (kanal kelahiran). Selaput dara adalah membran tipis jaringan yang mengelilingi dan menyempit lubang vagina. Ini mungkin robek atau pecah akibat aktivitas seksual atau karena latihan.

Mengenal Kondisi  Kesehatan Vagina

Ada beberapa kondisi kesehatan yang sering terjadi di sekitar vagina. Di antaranya di bawah ini. 

Vaginitis: peradangan vagina, umumnya dari infeksi ragi atau pertumbuhan berlebih bakteri. Gatal, debit, dan perubahan bau gejala khas. Vaginitis bisa diobati dengan antibiotik atau obat antijamur.

Kondisi vaginisme: kejang paksa pada otot vagina selama hubungan seksual. Emosional tertekan tentang seks, atau kondisi medis, dapat menjadi penyebabnya. Pengobatannya bergantung pada penyebabnya. Kondisi ini sendiri dapat diobati dengan obat, konseling atau beberapa jenis terapi.

Genital: genital dapat mempengaruhi vulva, vagina, dan leher rahim. Dibutuhkan perawatan untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV).

Trichomoniasis: infeksi vagina oleh parasit mikroskopik yang disebut trichomonas. Trichomoniasis ditularkan melalui alat kelamin dan mudah disembuhkan.

Bakteri Vaginosis (BV): sebuah gangguan dalam keseimbangan bakteri sehat dalam vagina, sering menyebabkan bau dan debit. Douching, atau seks dengan pasangan baru dapat menyebabkan BV. BV diobati dengan antibiotik.

Herpes simpleks virus (HSV): virus herpes dapat menginfeksi vulva, vagina, dan serviks. Penderita bisa merasakan sakit dan luka melepuh. Akan tetapi, bisa juga tidak memperlihatkan gejala-gejala yang umum. Virus ini ditransmisikan secara seksual. Meski dapat diobati, virus ini tidak bisa disembuhkan.

Gonore: infeksi bakteri menular seksual ini paling sering menginfeksi leher rahim.  Sering kali tidak memperlihatkan gejala apa pun, selain keputihan dan rasa gatal. Hal ini dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan infertilitas. Kondisi kesehatan ini bisa diobati dengan antibiotik.

Klamidia: bakteri klamidia trachomatis adalah penyebab infeksi menular seksual ini. Hanya setengah dari perempuan akan memiliki gejala, dengan keputihan atau nyeri di vagina atau perut menjadi tanda-tanda paling umum. Hal ini dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan infertilitas. Klamidia ini ditangani dengan antibiotik.

Kanker vagina: kanker vagina sangat jarang terjadi. Perdarahan atau debit vagina abnormal adalah gejala.

Prolaps vagina: karena otot panggul yang melemah (biasanya dari persalinan), rektum, rahim, atau kandung kemih mendorong vagina. Dalam kasus yang parah, vagina menonjol keluar dari tubuh.

Perawatan Vagina

Antimicrobials: obat anti jamur dapat mengobati infeksi ragi, dan obat antibiotik dapat mengobati infeksi bakteri. Obat antiviral mengobati infeksi dari virus herpes.

Perawatan kutil: berbagai metode dapat digunakan untuk menghilangkan kondisi ini, termasuk pembekuan, bahan kimia, pembakaran dengan laser, atau kautery.

Vaginal pessary: sebuah plastik kecil atau perangkat karet ditempatkan di dalam vagina untuk tetap di tempat prolapsing organ pelvis.

Latihan kegel: berolahraga otot panggul (seperti ketika menghentikan aliran urin kamu) dapat memperbaiki atau mencegah prolaps vagina dan inkontinensia urin.

Estrogen: organ genital wanita baik di dalam maupun di luar merespon estrogen. Pengobatan estrogen mungkin berguna untuk merevitalisasi struktur ini pada wanita pascamenopause.

Pembedahan: dalam kasus yang jarang terjadi kanker vagina atau serviks, pembedahan diperlukan untuk mengangkat tumor. Pembedahan juga dapat mengobati prolaps vagina.

Meskipun tidak semua masalah vagina dapat dicegah, pemeriksaan rutin dapat membantu memastikan bahwa masalah yang mempengaruhi vagina kamu didiagnosa sesegera mungkin. Jangan biarkan malu mencegah kamu berbicara dengan dokter tentang keprihatinan apa pun yang mungkin dimiliki tentang kesehatan vagina kamu.