Agar Lebih Cinta, Yuk Kenali 5 Love Language Kamu dan Pasanganmu!

Kamis, 16 September 2021 | 10:21:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Agar Lebih Cinta, Yuk Kenali 5 Love Language Kamu dan Pasanganmu!

Foto: Soompi

Pernah mendengar yang namanya love language? love language atau bahasa cinta adalah cara bagi seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.

Hal tidak selalu berbicara mengenai hubungan romantis. Melainkan juga dapat diterapkan ke berbagai hubungan lain. Jika love language tidak didapatkan, seseorang tidak akan merasa dicintai dengan baik.

Kenali 5 Love Language

Pada dasarnya bahasa cinta setiap orang berbeda. Bahkan love language kamu dengan pasanganmu saja akan berbeda. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui 5 love language yanga ada.

Agar kita bisa tahu apa yang menjadi bahaa cinta diri sendiri dan pasangan.

Dengan ini, kita bisa lebih peka untuk memahami ketika pasangan sedang menggunakan bahasa cinta mereka meskipun itu bukan yang sering kita gunakan.

1. Physical Touch atau Sentuhan Fisik

Foto: Ladiestory.id

Salah satu dari 5 love language adalah phyical touch atau orang-orang yang memiliki bahasa cinta ini senang dengan semua jenis sentuhan fisik. Contohnya berpegangan tangan, pelukan, dan tepukan di punggung.

Love language yang pertama ini yakni sentuhan fisik merupakan cara paling langsung untuk mengomunikasikan cinta. Selama itu dilakukan dalam suasana yang penuh cinta dan tidak memaksa, sentuhan fisik bisa menjadi yang paling efektif dari bahasa cinta. Bahasa cinta ini menenangkan, menyembuhkan, dan meyakinkan.

2. Quality Time atau Waktu Berkualitas

Bagi orang yang senang menikmati waktu bersama pacar atau orang yang dicintai, menandakan bahwa dia memiliki love language quality time. Bahasa cinta satu ini fokus pada kualitas waktu yang dihabiskan bersama pasangan, seperti menghabiskan waktu tanpa gadget saat pergi bersama misalnya.

Sebab dengan quality time, baru rasa cinta dapat terpenuhi hanya karena dapat menghabiskan waktu bersama dengan orang tercinta. Komunikasi merupakan hal yang krusial bagi yang punya bahasa cinta quality time.

Saat bersama pasangan, kamu dan pacar bisa saling berbagi mengenai apa saja yang dialami di hari tersebut. Mulai dari cerita, bercanda bersama, sampai ngomongin hal yang serius. Harapannya, komunikasi tersebut dapat menjaga hubungan antara kamu dengan dia.

3. Words of Affirmation atau Kata-Kata Penegasan

Foto: Ladiestory.id

Love language selanjutnya adalah word of affirmation. Jika kamu atau dia memiliki bahasa cinta ini, maka harus selalu mendengar dan mengatakan ungkapan sayang, cinta, maupun peduli. Bahasa cinta ini membutuhkan pernyataan cinta langsung secara langsung dan rutin.

Salah satu aspek yang penting dari words of affirmation, bagaimanapun, harus tetap jujur dengan kalimat-kalimat yang kita ucapkan untuk mereka. Namun tidak perlu juga harus mengeluarkan kata-kata gombal. Cukup menjadi diri sendiri aja.

4. Acts of Service atau Melayani

Berbeda dengan love langueage sebelumnya yakni penegasan melalui kata cinta verbal. Sebab bahasa cinta yang satu ini lebih kepada aksi nyata kamu dalam membantu pasangan, nih.

Bahasa cinta Acts of Service yang bersifat melayani dapat kamu refleksikan menjadi hal-hal sederhana seperti membantunya mengerjakan tugas, membuatkannya masakan favorit, membukakan pintu, membantunya membersihkan rumah atau hal-hal kecil lainnya yang dapat meringankan tanggungjawabnya.

Dengan ikut ambil andil dalam membantu pasangan, justru dia akan merasakan cinta yang tulus dari kamu. Tentunya tanpa perlu kamu ungkapkan dengan kata-kata.

5. Receiving Gifts atau Menerima Hadiah

Foto: Ladiestory.id

Yang terakhir dari 5 love language adalah menerima hadiah atau receiving gifts. seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, merupakan simbol kasih sayang. sebenarnya tidak mengharapkan hadiah yang mahal ataupun mewah, lebih penting dari itu yakni makna pemberiannya.

Tak hanya menghargai hadiahnya, namun juga akan memuji waktu dan upaya yang dilakukan orang yang memberikannya hadiah.

Orang dengan love language ini merupakan orang yang memerlukan tindakan atau bukti nyata daripada sekadar kata-kata. Selain itu, tindakan memberi hadiah dapat memberi tahu pasangan bahwa kamu cukup peduli dan memiliki usaha untuk menyenangkan pasangan.

Inilah 5 love language atau bahasa cinta yang wajib kamu ketahui. Kira-kira kamu merupakan orang dengan love language yang mana?

Berita Terkait