Komunitas Moms Support Mom Indonesia Jadi Wadah Support System Para Ibu

Kamis, 29 Desember 2022 | 18:30:00

Komunitas Moms Support Mom Indonesia Jadi Wadah Support System Para Ibu

Komunitas Mosmom.id. (Special)

Ladiestory.id - Setiap ibu semestinya memiliki tempat untuk bercerita, baik tentang pengalaman pribadi, maupun kesulitan yang dihadapi selama merawat buah hati. Dengan bercerita, mereka bisa mendapat insight dari sesama ibu di luar sana. 

Bergabung dengan komunitas motherhood merupakan salah satu cara terbaik agar seorang ibu tidak merasa sendirian. Salah satu komunitas ibu yang dapat menjadi referensi adalah Moms Support Mom Indonesia (Mosmom.id). 

Mosmom.id merupakan sekumpulan para mama atau ibu yang saling merangkul, membantu, dan berbagi mengenai tips parenting  dan motherhood. Sedikitnya ada 310 anggota yang tergabung dalam WhatsApp Grup Mosmom.id.

Berdiri pada 2020, Mosmom.id digagas oleh enam perempuan yang bertemu dalam sebuah akademi parenting. Setelah lulus dari akademi tersebut, mereka memutuskan untuk membuat wadah berkumpulnya para ibu dari latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari wanita karier, ibu rumah tangga, hingga single parent.

Virginania Chandira sebagai salah satu founder Mosmom.id mengatakan, setiap mama membutuhkan teman cerita yang relate dengan kehidupannya sebagai orang tua. Hal inilah yang kemudian mendorong Nania untuk serius dalam mendirikan komunitas para mama guna menemukan solusi tepat seputar parenting.

"Kita (para mama) butuh ngobrol dengan orang yang relate ceritanya sama kita. Misalnya aku seorang ibu pekerja, bisa bercerita dan tukar pikiran dengan working mom lain. Atau ibu-ibu yang punya balita, bisa berbagi kisah tentang mengatasi GMT (Gerakan Tutup Mulut) pada anak.  Kita pengin punya teman yang se-frekuensi lah gitu," kata Virginania Chandira.

Komunitas Mosmom.id. (Special)

Selama dua tahun berjalan, komunitas Moms Support Mom Indonesia menggelar beberapa kegiatan menarik secara rutin. Salah satunya adalah program Mom Bercerita alias Mom Rita. Dalam kegiatan yang berlangsung setiap Selasa ini, satu member yang terpilih dapat menceritakan kehidupan dan pengalamannya lewat akun Instagram Mosmom.id.

Menurut Dessi Hepiyana selaku founder Mosmom.id, kegiatan Mom Rita bertujuan untuk saling mengenal antaranggota. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengakrabkan diri satu sama lain walaupun banyak anggota yang belum pernah bertemu tatap muka.

Untuk tempat curhat para ibu, Mosmom.id juga menyediakan program bernama Malam Curhat. Kegiatan ini diperuntukkan bagi anggota yang mau mencurahkan isi hati tanpa mengungkap identitas. Nantinya, curhatan tersebut akan dibagikan lewat WhatsApp Grup tanpa menyebar nama si pengirim.

"Harapannya Malam Curhat ini dapat melegakan isi hati pengirimannya. Mungkin ada curhatan yang sensitif banget dan enggak tahu mau curhat ke mana. Semoga setelah dapat feedback dari member yang lain, dia juga mendapatkan insight dari berbagai sudut pandang," terang Dessi.

Menariknya, komunitas Moms Support Mom Indonesia juga memiliki program khusus untuk mendukung para mompreneur, sebutan bagi seorang ibu yang menjalankan bisnis di tengah kesibukannya merawat anak.

Setiap ibu yang mempunyai brand diberi kesempatan untuk menawarkan produk berupa jasa atau barang di WhatsApp Group Mosmom.id. Selain itu, tim MoSmom.id memberikan fasilitas Katalog Produk Bersama setiap bulannya, yang dapat dipromosikan bersama-sama para ibu yang ikut dalam katalog edisi tersebut melalui Instagram Story masing-masing brand. Sehingga, semakin luas jangkauan promosinya, semakin besar juga peluang terjualnya produk atau jasa yang dipasarkan.

Komunitas Mosmom.id. (Special)

Kegiatan lain yang tak kalah menarik di Mosmom.id adalah Ngopi alias Ngobrol Pintar dengan pembicara profesional. Dalam Instagram Live ini, para mama mendapatkan informasi bermanfaat seputar kesehatan ibu dan anak dari dari para dokter. Ke depannya, program Ngopi akan ada profesional lain yang menjadi narsumber agar ibu bertambah wawasan.

Bagi ibu yang berminat gabung, bisa mengikuti akun Instagram Komunitas Moms Support Mom Indonesia  @mosmom.id untuk mengetahui jadwal registrasi.