Kopi Rendah Kafein Miliki Segudang Manfaat Lho

Sabtu, 8 Januari 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Kopi Rendah Kafein Miliki Segudang Manfaat Lho

Ilustrasi kopi. (Special)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, kopi merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari keseharian. Sayangnya, kopi mengandung kafein yang dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Tapi, ada lho kopi tanpa kafein atau kopi decaf (decaffein). Jenis kopi ini dinilai lebih sehat, bahkan kopi ini dikhususkan untuk  ibu hamil, menyusui atau penderita kecemasan.

Penjelasan Umum Mengenai Kopi Decaf atau Tanpa Kafein

Faktanya, jenis kopi ini bukan berarti tidak ada sedikitpun kafein sama sekali alias tapi lebih ke mengurangi jumlah kafein pada biasanya. Jika ditakar maka, ada 97 persen kandungan kafein yang hilang.

Menghilangkan kafein ada berbagai cara yaitu menggunakan air dan pelarut organik atau karbon dioksida. Hasil yang didapatkan dari kopo decaf adalah rasa yang lebih ringan dan warna serta aroma yang tidak terlalu pekat. Ketika dijelaskan tentang komposisi, 1 cangkir kopi decaf (180 ml/mililiter) mengandung 0 – 7 miligram (mg) kafein. Sedangkan pada kopi biasa, kandungan kafeinnya mencapai 70 – 140 mg per takaran saji.

Perbedaan Kopi Biasa dan Kopi Decaf dan Manfaatnya

Secara lebih detail memang tidak terlalu berbeda antara kopi biasa dan kopi tanpa kafein. Kedua jenis ini menggunakan nabati alami dengan kandungan polifenol. Antioksidan yang bersifat anti-inflamasi sehingga membantu menurunkan risiko sejumlah penyakit seperti diabetes tipe 2 dan kanker.

Bukan hanya itu, senyawa itu berfungsi sebagai bahan bakar bagi bakteri baik dalam usus. Hal ini terjadi ketika kita  mengkonsumsi polifenol dalam kopi, teh, dan buah-buahan, serta sayuran. Dampaknya adalah meningkatkan kesehatan jiwa dan raga dengan menciptakan usus yang sehat.

Kadar yang digunakan pada kopi tanpa kafein bervariasi sama halnya dengan kopi biasa. Jadi sekali lagi, bukan berarti tidak ada kafein sama sekali hanya saja kafeinnya dikurangi dan tak sebanyak kafein pada kopi biasa. 

Salah satu contoh dari, kopi tanpa kafein Starbucks Pike Place seberat 8 ons mengandung 15 miligram kafein, sedangkan 6 ons kopi tanpa kafein Maxwell House berkisar antara satu hingga lima miligram.Biasanya meskipun kopi tanpa kafein, sebenarnya masih ada kandungan kafein sekitar 3-4 miligram kafein per cangkir.