Kreator Muda Indonesia Ajak Pengusaha untuk Maju Bersama Melalui #SambilanCuan

Senin, 27 Juni 2022 | 21:00:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Kreator Muda Indonesia Ajak Pengusaha Untuk Maju Bersama Melalui #Sambilancuan

YouTubeShorts #SambilanCuan (Special)

Ladiestory.id - YouTube Shorts merayakan hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Internasional bersama dengan para kreator ternama Indonesia, Senin (27/6/2022). Kreator yang hadir adalah Jerome Polin, Christie Basil, dan Sonia Basil. 

Dalam acara bertajuk #SambilanCuan yang diadakan secara daring itu, para pembicara yang merupakan kreator muda berbagi pengalamannya memasuki dunia bisnis dan bagaimana mereka memanfaatkan YouTube Shorts sebagai sarana promosi di era digital ini. 

“Aku dan Sonia memang sejak kecil sudah dekat dengan dunia usaha, kayak bikin jajanan jadul lalu kita jual ke warung-warung, setelah itu kita juga pernah jualan tas yang terbuat kanvas lalu kita jual secara online. Sampai bisnis kita yang sekarang, dan masih terus banyak belajar untuk ningkatin kemampuan terutama dari segi pemasaran kita," tutur Christie.

"YouTube Shorts jadi sarana kita belajar konten-konten apa yang disukai oleh audience yang mana merupakan bagian dari build brand awareness produk kita masing-masing. Kita jadi tau konten viral yang banyak disukai audience kita tuh gimana, cara storytelling yang menarik gimana, update trend produk dan banyak hal lagi, semua tersedia di YouTube Shorts,” sambungnya.

Ketiga kreator muda ini memiliki bidangnya masing-masing. Jerome dengan konten edukasinya dan kehidupan sehari-hari di Jepang, Christie dengan konten gaun pernikahan yang memiliki cerita dari para pembelinya, dan Sonia dengan ceritanya dalam proses pembuatan kue-kue uniknya.

YouTubeShorts #SambilanCuan (Special)

“YouTube Shorts jadi cara kita untuk ceritain serta mengedukasi para penonton kita untuk mengetahui proses penggarapan, butuh waktu berapa lama serta kesulitan apa yang dihadapi apalagi pembuatan kue custom itu beda banget gak kaya kita beli kue jadi di toko langsung," kata Sonia.

"Maka itu aku mulai semua prosesnya, aku rekam semua dari awal sampai akhir. Respon penonton di YouTube Shorts juga beragam tapi dari komen serta interaksi yang mereka berikan kita jadi tahu dan ikut seneng ternyata konten kita selama ini memberikan banyak inspirasi serta menghibur mereka,” jelas Sonia.

Para kreator ini mengungkapkan bahwa untuk menjadi seorang kreator tidaklah mudah. Perlu dilakukan trial and error dalam mengeksplorasi gaya mereka masing-masing. Selain itu, juga diperlukan konsistensi dan persistensi dalam membangun personal branding.

Mereka bertiga sepakat jika konten yang mereka buat tak hanya untuk menjual produk, tapi juga mengedukasi audience mereka. Mereka mengemas konten mereka dengan keunikannya masing-masing dan memperlihatkan perjalanan mereka dalam membangun bisnis mereka.

“Tiga hal yang saya pelajari sebagai kreator untuk mempromosikan bisnis adalah orang saat ini menggunakan banyak jenis perangkat, kedua harus lebih sering menciptakan interaksi yang bermakna dengan mempermudah orang untuk menghubungi dan mendapatkan bantuan. Dan yang terakhir adalah bangun hubungan dengan orang melalui cerita yang relevan,” lanjut Jerome.

Kampanye #SambilanCuan ini mengajak para pengusaha UMKM untuk ikut berpartisipasi mengunggah cerita usaha mereka melalui YouTube Shorts dengan tagar #SambilanCuan. Kesempatan ini dibuka hingga 5 Agustus 2022. Untuk 5 usaha favorit akan dipilih oleh Jerome Polin dan ditampilkan pada kanal YouTube-nya, Nihonggo Mantappu.