Kulit Kering dan Bertekstur? Ikuti Cara Haluskan Wajah Berikut Ini

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:00:00

Kulit Kering Dan Bertekstur? Ikuti Cara Haluskan Wajah Berikut Ini

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing tentu menjadi dambaan semua orang. Tak heran jika kemudian banyak orang yang rela menghabiskan uang hanya untuk perawatan kulit agar sesuai impiannya.

Dalam merawat kulit, tak hanya perawatan saja seperti skincare saja. Namun, juga perlu dibarengi dengan pola hidup sehat. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Rutin Bersihkan Wajah

Ilustrasi double cleansing. (Special)

Membersihkan wajah dari debu, kotoran atau bakteri yang menempel dari luar sangatlah penting. Apalagi, saat kamu menggunakan makeup, penting untuk membersihkan bekas-bekas kotoran yang masih menempel di wajah.

Membersihkan wajah dapat dilakukan dengan double cleansing. Cara double cleansing merupakan dua tahap membersihkan wajah agar lebih bersih secara maksimal.

Tahapan pertama adalah dengan menggunakan pembersih wajah. Saat ini banyak jenis pembersih wajah dengan bahan yang berbeda, seperti minyak (cleansing oil), susu (milk cleanser) dan air (micellar water).

Kamu dapat menggunakan pembersih wajah yang sesuai seleramu. Setelah itu, kamu bisa gunakan kapas untuk membersihkan area kulit wajah agar kotoran dapat terangkat.

Selanjutnya pada tahapan kedua adalah menggunakan sabun cuci muka. Selalu perhatikan jika kulit sedang mengalami jerawat. Pilihlah sabun cuci muka yang teksturnya lembut dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Rajin Pakai Sunscreen

Ilustrasi memakai sunscreen. (Special)

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berguna untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang bisa menyerap sampai ke dalam lapisan kulit. Produk ini bertujuan untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV yang dapat merusak atau menimbulkan masalah kulit.

Sunscreen mengandung senyawa kimia organik yang bergantung pada reaksi kimia untuk menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, lalu melepaskan dari kulit.

American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 yang dapat menghalangi 97 persen sinar UVB. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa angka SPF yang tinggi akan menghalangi sinar UVB dan tidak ada tabir surya yang dapat menghalangi 100 persen sinar tersebut.

Jadi, penting untuk kamu rutin menggunakan sunscreen dan rajin mengaplikasikannya pada kulit wajah agar terhindar dari masalah kulit yang ditimbulkan oleh sinar UV.

Pakai Hyaluronic Acid

Ilustrasi memakai hyaluronic acid. (Special)

Hyaluronic acid merupakan kandungan dengan bentuk lengket dan licin yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Seiring bertambah usia, produksi asam dari tubuh ini akan berkurang.

Hal ini akan mengakibatkan kulit kehilangan kelembapan yang tidak menghidrasi dengan baik. Selain itu, juga dapat menyebabkan penuaan diri, seperti timbul kerutan di wajah.

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi kemerahan dan masalah kulit lainnya. Hyaluronic Acid juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit menangkal paparan zat yang berasal dari polusi.

Rutin Maskeran

Ilustrasi penggunaan masker wajah. (Special)

Selain malas membersihkan wajah, penyebab wajah kasar karena kulit mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi yang baik. Hal ini membuat kulit mudah terpapar debu atau kotoran yang membuatnya terlihat kusam.

Oleh karena itu, kamu harus rutin menggunakan masker wajah saat malam hari. Karena kulit membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit saat sedang tidur. Termasuk juga untuk memulihkan sel kulit atau skin barrier yang rusak.

Gunakan Pelembap

Ilustrasi wanita menggunakan pelembap. (Ladiestory.id)

Kondisi kulit yang bertekstur atau kasar bisa disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati yang mengakibatkan dehidrasi, komedo, jerawat atau rentan terkena paparan sinar UV.

Gunakan produk skincare yang dapat melembapkan kulit wajah kamu. Terutama saat musim kemarau seperti sekarang ini, kulit akan terasa lebih kering. Jika dibiarkan akan membuat kulit tidak sehat.

Produk skincare yang dapat melembapkan, seperti moisturizer, face oil dan aloe vera. Selain itu, pastikan kamu rutin minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh.