Mau Nikah? Yuk Ketahui Kumpulan Doa untuk Pengantin

Jumat, 12 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Mau Nikah? Yuk Ketahui Kumpulan Doa Untuk Pengantin

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan momen dalam kehidupan yang sangat ditunggu-tunggu dan penuh kebahagiaan. Kebahagiaan tersebut mengalir bukan hanya bagi kedua insan yang menikah, namun juga bagi keluarga dan para sahabat yang menyaksikannya.

Menikah juga sebagai salah satu bentuk ketaatan umat Islam terhadap Allah SWT. Sebab, dengan adanya pernikahan dapat meredam pandangan mata dan perbuatan yang diharamkan, yakni zina. Di Indonesia, pernikahan secara Islam berarti harus mengikuti kaidah rukun dan syarat sah menikah Islam.

Kumpulan Doa untuk Pengantin

Agar segala prosesi pernikahan berjalan dengan lancar dan penuh berkah, calon pengantin ini dianjurkan untuk memanjatkan doa jelang pernikahan. Bahkan doa untuk pengantin ini dipanjatkan selama prosesi pernikahan hingga selesai.

1. Doa Akad Nikah

Foto: id.theasianparent

Pada saat akad nikah, ada sebuah doa yang harus dipanjatkan oleh orang-orang yang hadir menjadi saksi akad nikah. Doa untuk pengantin di hari akad nikah yang sebaiknya diucapkan ialah doa dari Rasulullah SAW.

Doa ini ditulis dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

2. Doa Setelah Akad

Usai sah menjadi pasangan suami dan istri, mempelai pria sangat disarankan untuk memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa pengantin baru berikut ini:

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

3. Doa untuk Orang yang Mengundang ke Pernikahan

Islam begitu sempurna mengatur setiap detail permasalahan kehidupan. Begitu juga mengenai adab ketika diundang dalam pesta pernikahan. Setiap Muslim dianjurkan untuk mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Salah satu doa sunnah yang dapat dibaca ialah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau boleh pula dengan doa:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya: Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

4. Doa Sebelum Berhubungan Intim

doa nikah
Foto: Ladiestory.id

Sebelum  berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR. Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434. Doa yang harus dibaca adalah:

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

5. Doa Mohon Diberi Keturunan

Selanjutnya, jika ada doa berhubungan intim, maka ada juga doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menginginkan dapat keturunan yang baik.

Doa ini harus dibaca dengan penuh keyakinan dan keikhlasan oleh pasangan suami istri. Seperti disebutkan dalam QS. As-Shafat: 100, doa mohon diberi keturunan ini berbunyi:

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”

Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. Maka dari itu kamu juga boleh membaca doa dengan lafaz:

“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Selain lima doa untuk pengantin di atas, tak ada larangan untuk memanjatkan doa-doa baik lainnya. Kumpulan doa di atas adalah bagian dari doa umum yang sebaiknya diketahui dan diamalkan oleh calon pasangan pengantin sampai sudah menjadi suami istri sekalipun.