7 Kunci Rahasia Membuat Bakso yang Kenyal dan Lezat

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Kunci Rahasia Membuat Bakso Yang Kenyal Dan Lezat

Ilustrasi bakso. (Special)

Ladiestory.id - Bakso merupakan salah satu makanan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Bakso terasa lebih nikmat jika memiliki tektur yang kenyal dan padat. Sayangnya membuat bakso dengan tektur kenyal tidak semudah saat kita memakannya.

Beberapa penjual bakso sering menambahkan bahan pengenyal tambahan seperti boraks untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal. Seperti yang diketahui, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebenarnya selain menggunakan boraks, Kamu bisa membuat sendiri bakso dengan tektur kenyal, tentunya dengan bahan yang lebih aman. Ladies, berikut tips membuat bakso kenyal tanpa boraks.

Kualitas Bahan

Ilustrasi daging. (Special)

Salah satu tips membuat bakso kenyal adalah dengan memperhatikan kualitas bahan. Bahan-bahan untuk membuat bakso di antaranya daging, tepung, hingga aneka bumbu pelengkap.

Perhatikan kualitas daging yang akan Kamu gunakan untuk adonan bakso. Pilih daging sapi segar yang berwarna kemerahan untuk menghasilkan bakso yang lezat dan enak. Kamu bisa pilih jenis daging yang mengandung sedikit urat dan lemak.

Jika Kamu ingin membuat bakso urat, pilih urat sapi yang tidak membengkak. Tujuannya, agar tektur bakso tetap bisa kenyal. Selain itu pilih daging bagian paha depan untuk olahan bakso halus, sedangkan bakso urat bisa menggunakan daging sengkel.

Gunakan jenis tepung sagu atau tepung tapioka agar adonan semakin kenyal. Untuk takaran tepung bisa disesuaikan dengan resep. Namun, agar dagingnya terasa enak dan kenyal, Kamu bisa menggunakan daging lebih banyak dibandingkan tepung, misalnya 3:1.

Gunakan Es Batu

Ilustrasi es batu. (Special)

Kamu bisa menambahkan es batu atau air es ke dalam adonan bakso. Tambahkan es batu secukupnya saat mencampur tepung, daging dan bumbu. Es batu dapat membantu daging berkontraksi. Sehingga, adonan bakso yang tercampur akan memiliki tektur yang kenyal, padat dan tidak lembek.

Gunakan Baking Powder

Ilustrasi baking powder. (Special)

Selain dapat membantu untuk mengembangkan kue, baking powder juga bisa membantu mengenyalkan tektur bakso. Namun, jangan terlalu banyak memberikan baking powder, karena dapat menyebabkan bakso terlalu mengembang dan pecah saat direbus. Agar aman Kamu bisa menambahkan baking powder sedikit demi sedikit.

Gunakan Bubuk Agar-agar

Ilustrasi bubuk agar-agar putih. (Special)

Tak hanya baking powder, bubuk agar-agar juga bisa membuat bakso lebih kenyal. Tambahkan bubuk agar-agar secukupnya ke dalam adonan bakso. Kamu bisa gunakan bubuk agar-agar putih agar tidak merusak cita rasa orisinal bakso.

Gunakan Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Salah satu rahasia bakso kenyal dan padat lainnya adalah dengan menggunakan telur. Namun telur yang digunakan juga harus sesuai dengan takaran.

Pasalnya, jika takaran salah, maka bakso akan menjadi lembek. Umumnya takaran yang digunakan untuk adonan 1 kilogram bakso, membutuhkan satu sampai dua butir telur saja.

Tambahkan Garam Kasar

Ilustrasi garam kasar. (Special)

Tambahkan garam kasar pada adonan bakso yang telah Kamu buat. Garam kasar mengandung alkali yang baik, sehingga bisa dijadikan pengenyal alami bakso sapi. Masukkan garam kasar bersamaan dengan bumbu bakso yang akan digunakan, aduk dan campur hingga rata.

Masukkan ke Dalam Air Panas

Ilustrasi membuat bakso. (Special)

Setelah adonan bakso tercampur rata, maka bakso dibentuk dan dimasukkan ke dalam air panas. Hal tersebut bertujuan agar bakso lebih kenyal dan padat.

Hindari memasukkan adonan bakso langsung ke dalam air mendidih. Hal itu justru akan membuat adonan bakso pecah. Cukup menggunakan air panas, setelah adonan selesai baru bakso bisa direbus menggunakan api kecil hingga matang.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk bakso ikan. Jenis bakso ini setelah dibentuk dapat langsung dimasukkan ke dalam es agar tekturnya lebih kencang dan keras.