Ladies Wajib Tahu, Ini Gejala Kanker Serviks

Minggu, 27 Februari 2022 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Ladies Wajib Tahu, Ini Gejala Kanker Serviks

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Kanker serviks adalah jenis kanker yang tumbuh pada leher rahim. Kanker serviks disebabkan oleh adanya infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang bisa menular lewat hubungan seksual.

Umumnya, kanker serviks tidak menimbulkan gejala awal yang bisa dikenali. Biasanya tanda-tandanya akan muncul pada stadium lanjut atau akhir. Karena itu, ladies Kamu harus rutin melakukan pemeriksaan pap smear berkala dan wajib juga mengenali gejala umum dari kanker serviks, seperti:

Sakit Saat Berhubungan Intim

Ilustrasi pasangan enggan berhubungan seks. (Special)

 

Umumnya, penderita kanker serviks yang telah stadium lanjut merasakan sakit pada panggul ketika sedang berhubungan intim. Rasa sakit itu membuatnya takut, tidak nyaman dan tidak dapat menikmati hubungan intim. 

Tapi kondisi ini juga bisa terjadi karena penyakit lainnya, seperti adanya infeksi penyakit menular seksual, iritasi, alergi kondom, radang panggul, vaginismus hingga menopause.

Pendarahan Pada Vagina

Ilustrasi miss V. (Special)

 

Penderita kanker serviks umumnya akan mengalami pendarahan yang tidak wajar, seperti lebih banyak atau lebih sedikit dibandingkan darah saat menstruasi.  Terkadang juga pendarahan tidak terjadi saat sedang menstruasi, tapi pada waktu-waktu  yang janggal, seperti setelah berhubungan intim, sebelum waktu menstruasi atau setelah menopause. 

Sering Buang Air Kecil 

Gejala lainnya yang menandakan adanya kanker serviks dalam leher rahim ialah lebih seringnya buang air kecil disertai rasa sakit hingga keluar darah. Bukan hanya itu, penderita kanker serviks juga sering tidak bisa menahan untuk buang air kecil. Hal ini biasanya menandakan sel kanker sudah merambat ke area kantung kemih. Tapi, gejala yang satu ini juga bisa jadi salah satu gejala infeksi penyakit lainnya

Sering Keputihan

Ilustrasi menjaga kebersihan dan kesehatan daerah intim perempuan. (Special)

 

Keputihan memang wajar bagi perempuan dalam kondisi tertentu. Namun bila keputihan terlalu sering bahkan hingga keluar banyak, bisa jadi gejala kanker serviks. Keputihan yang keluar karena kanker serviks juga biasanya tidak wajar seperti bau, berwarna, dan memiliki tekstur yang beda dari keputihan pada umumnya. 

Namun, keputihan yang tidak wajar juga bisa disebabkan karena penyakit lainnya seperti adanya bakteri atau infeksi pada vagina. Karena itu untuk memastikannya, penting untuk selalu memeriksakan diri pada dokter ahli bila sering terjadi keputihan yang tidak normal.  

Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau konstipasi hingga menyebabkan rasa sakit pada perut juga bisa jadi salah satu gejala kanker serviks. Tapi, hal ini umumnya  terjadi  saat kanker telah masuk stadium lanjut dan menyebabkan  kanker usus besar.

Berat Badan Turun Drastis

Foto: CNN Indonesia

 

Gejala kanker serviks yang satu ini umum terjadi pada berbagai penyakit, dimana berkurangnya nafsu makan berkepanjangan hingga menyebabkan berat badan turun drastis.  Karena itu, jika berat badan Kamu yang semula ideal dan sudah tidak ideal lagi, juga berkurangnya nafsu makan, sebaiknya konsultasi ke dokter, untuk memastikan bahwa gejala yang dialami karena kanker serviks atau bukan.

Sering Lemas

Sering lemas yang disebabkan karena banyaknya pendarahan, bisa jadi gejala kanker leher rahim.  Hal ini disebabkan berkurangnya sel darah dan biasanya tidak hanya membuat badan lebih terasa lelah meskipun tidak banyak beraktivitas. Tapi penderita juga akan terus merasa lemas walaupun sudah cukup banyak istirahat, makan, dan minum.

Kaki Bengkak

Gejala selanjutnya dari kanker serviks adalah pembengkakan pada kaki. Penderita kanker serviks bisa memiliki kaki yang lebih bengkak daripada biasanya. Hal ini karena sel kanker yang merambat menuju pembuluh darah kaki. Akibatnya, peredaran darah pada kaki jadi berkurang sehingga menyebabkan pembengkakan.