5 Lagu K-Pop Usung Tema Mental Health, BTS Ciptakan untuk ARMY

Selasa, 12 Juli 2022 | 00:01:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

5 Lagu K-Pop Usung Tema Mental Health, Bts Ciptakan Untuk Army

BTS FESTA 2022. (Spesial)

Ladiestory.id - Berbicara mengenai dunia K-Pop tak lengkap rasanya jika tak membahas karya para idol, sebutan para penyanyi atau grup musik di Korea Selatan. Seiring merebaknya Hallyu wave atau gelombang budaya Korea Selatan di dunia, lagu-lagu K-Pop menjadi salah satu produk seni dan budaya yang dapat diterima dengan mudah, termasuk oleh pencinta musik di Indonesia, khususnya anak muda.

Salah satu faktor yang membuat lagu-lagu K-Pop mudah diterima kalangan anak muda adalah makna lirik yang mendalam. Tak hanya itu, lagu-lagu tersebut juga dinilai relate dengan kehidupan pribadi para fans dan kekinian (up-to-date).

5 Lagu atau Musik K-Pop Bertema Mental Health

Salah satu boy group Korea Selatan, BTS, kerap mengusung lagu bertema unik karena berisi ajakan untuk lebih cinta dan perhatian pada diri sendiri. Tema-tema lagu itu antara lain tentang mental health (kesehatan mental), self-healing (menyembuhkan diri sendiri), self-care (memedulikan diri sendiri) dan self-love (mencintai diri sendiri).

Selain boy band besutan BigHit Entertainment yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, V, Jimin dan Jungkook, beberapa musisi Korea Selatan lainnya pun membuat karya bertema serupa. Nah, berikut beberapa lagu betema mental health yang bisa masuk daftar putarmu.

Life Goes On dari BTS

BTS Life Goes On. Youtube/BTS)

Lagu yang dirilis pada 2020 ini diakui terinsipirasi oleh kondisi dunia yang sedang menghadapi pandemi Covid-19. Sebagaimana dilansir Koreaboo, BTS menyatakan bahwa lagu yang diciptakan oleh tiga personel mereka, RM, Suga dan J-Hope, ini secara khusus memang didedikasikan kepada masyarakat untuk proses healing.

Permission to Dance dari BTS

BTS Permission to Dance (Youtube/BTS)

Lagu bertema self-healing lainnya milik idol K-Pop yang masing-masing member-nya saat ini sudah memiliki followers Instagram lebih dari 30 juta ini adalah "Permission to Dance".

Bedanya, jika "Life Goes On" lebih menekankan pada bagaimana para personel BTS itu menyatakan rasa empati mereka terhadap masyarakat terdampak pandemi Covid-19, single yang dirilis pada 2021 ini menceritakan bagaimana BTS menawarkan alternatif cara merayakan kemenangan atas pertarungan hebat melawan wabah penyakit tersebut. Dari segi aransemen, lagu ini terdengar lebih lively (bersemangat).

Show Your Love dari BTOB

BTOB 4U Mini Album Inside Cover (cubeent.co.kr)

K-Pop idol group asal Korea Selatan besutan Cube Entertainment ini pun tak mau kalah. Pada 2021 lalu, mereka mengeluarkan single bertema penguatan menghadapi kesulitan akibat pandemi Covid-19.

"Show Your Love" adalah judul lagunya. Melalui lirik lagu tersebut, jelas sekali makna yang ingin disampaikan oleh grup musik yang memiliki kepanjangan nama Born to Beat ini, yaitu memberi penguatan, kepedulian dan sharing perasaan yang sama dalam menghadapi wabah penyakit.

Where The Wind Blows From dari J Rabbit

J Rabbit (last.fm)

Berbeda dengan tiga lagu sebelumnya yang diciptakan khusus untuk memberi kekuatan dan penghiburan bagi fans dalam menghadapi pandemi Covid-19, lagu milik J Rabbit, duo musisi asal Korea Selatan yang debut pada 2010 ini, memiliki kekuatan healing pada aransemen musiknya yang beraliran Acoustic Pop. Ini adalah sebuah genre musik yang mengandalkan alat-alat akustik seperti gitar akustik, perkusi dan wind instrument, sehingga terdengar lebih alami dan sederhana.

Tak mengherankan apabila mendengarkan lagu-lagu mereka, termasuk lagu yang berjudul asli “바람이 불어오는 곳 (barami bureooneun got)” ini, seketika nuansa alam yang kental akan terasa. Sebagaimana lazim dipercaya oleh masyarakat, beraktivitas di alam merupakan salah satu cara untuk melakukan self-healing.

Love Me dari Yiruma

Yiruma in a Music Studio (instagram.com/official.yiruma)

Musik terakhir yang bisa menemani proses self-healing kamu adalah "Love Me" dari Yiruma. Ia adalah seorang pianis profesional asal Korea Selatan yang fokus memproduksi musik-musik instrumental.

Meskipun karya yang ia produksi berupa musik instrumental, mendengarkan karya-karya Yiruma, khususnya yang berjudul "Love Me" ini, dapat mendamaikan hati, lho.

Mana yang sudah masuk playlist-mu, Ladies?