Lima Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Batu Ruby

Minggu, 21 November 2021 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Lima Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Batu Ruby

Foto: Gelang Emas Precious Stone dari Frank & co.

Setidaknya ada empat batu mulia paling berharga di dunia; diamond, sapphire, emerald, dan ruby.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui fakta-fakta seputar batu mulia yang terkenal dengan warna merah, ruby. Dalam Bahasa Indonesia, ruby dikenal sebagai batu delima. Nama delima juga didapat karena warna merah tua yang dimilikinya, merah delima.

Sedangkan dalam Bahasa Inggris, ruby berasal dari Bahasa Latin “rubens”, yang juga berarti merah. Meski terkenal dalam warna merah tua, sebenarnya ruby memiliki variasi warna lainnya, mulai dari merah darah yang pekat hingga merah muda.

Batu ruby yang paling berharga memiliki warna merah yang kaya, penuh, dan hanya memiliki sedikit sekali unsur warna biru. Warna merah pada batu ruby sendiri, berasal dari jejak mineral kromium.

Fakta seputar batu ruby

1. Ruby adalah batu kelahiran bulan Juli. Kamu bisa memberi perhiasan emas dengan hiasan batu ruby pada mereka yang lahir di bulan ini sebagai hadiah ulang tahun. Selain itu, Ruby juga dikenal sebagai hadiah anniversary ke-15 dan 40 tahun.

Gelang Emas Precious Stone dari Frank & co.
Foto: Gelang Emas Precious Stone dari Frank & co.

2. Ruby adalah batu mulia yang sangat keras. Kekuatannya mencapai 9 Mohs. Ruby sama kuatnya dengan batu Safir dah hanya sedikit lebih lunak dari berlian. Sehingga sangat cocok dijadikan ornamen dari perhiasan emas, baik itu cincin emas sebagai cincin tunangan maupun gelang emas.

Salah satu rumah perhiasan terbaik di Indonesia, Frank & co. memiliki koleksi Precious Stone dalam rupa gelang emas model bangle yang dihiasi potongan batu ruby. Kamu bisa melihat koleksinya dan melakukan pembelian secara online di akun Instagram @franknco_id dan www.frankncojewellery.com.

Baca juga: Pilihan Cincin Tunangan Solitaire Diamond Untuk Awal Komitmen Cinta Anda

3. Ruby bisa ditemukan di seluruh dunia. Termasuk Myanmar, Afrika, Australia, dan Amerika Serikat. Dunia mengenal ruby asal Myanmar memiliki kualitas terbaik.

4 Hampir semua batu ruby memiliki ‘cacat’ atau flaws. Ruby yang benar-benar sempurna sangatlah langka. Kenyataannya, cacat pada potongan batu ruby justru adalah tanda bahwa batu tersebut benar-benar asli.

5. Memakai perhiasan dengan batu ruby dipercaya dapat memberi banyak manfaat. Batu ini dianggap dapat mempengaruhi tubuh dan pikiranmu. Diantaranya memberi rasa percaya diri dan motivasi. Selain itu, ruby juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan, kebijaksanaan, sekaligus memberi kehangatan.

Cincin emas, gelang emas, dan jenis perhiasan lainnya dengan batu ruby bisa jadi ide melengkapi koleksi pribadi maupun sebagai hadiah ulang tahun, hadiah anniversary, valentine, dan berbagai perayaan penting lainnya. Cincin tunangan juga akan terlihat semakin cantik jika dihiasi dengan batu ruby yang warna merahnya merupakan lambang cinta.