Sulit Menelan, 8 Makanan Bisa Redakan Sakit Tenggorokan

Sabtu, 5 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sulit Menelan, 8 Makanan Bisa Redakan Sakit Tenggorokan

Sakit Tenggorokan (Special)

Ladiestory.id - Tak bisa dipungkiri, sakit membuat nafsu makan seseorang turun. Terlebih ketika sakit tenggorokan membuat seseorang malas makan karena kesakitan ketika menelan makanan. 

Namun mau tidak mau, Kamu tetap harus makan agar mendapat energi. Terkadang menelan nasi pun malas hingga terasa sakit. 

Kamu bisa menggantinya dengan beberapa makanan di bawah ini. Selain itu, 8 makanan ini juga mampu meredakan tenggorokan yang sakit.

Bubur

Ilustrasi bubur. (Special)

Selain menjadi menu untuk sarapan, bubur seolah jadi makanan wajib bagi orang yang sedang sakit. Bubur ini dianggap sebagai pengganti nasi, karena memang terbuat dari beras. 

Namun karbohidrat di dalam beras tidak hilang, meski dimasak hingga memiliki tekstur lembek. Bubur dapat menggantikan nasi sebagai sumber energi utama. 

Jika tenggorokan sedang sakit, bubur mampu membantu orang tersebut menelan makanan tanpa kesusahan. Agar lebih nikmat, sebaiknya bubur disantap kala masih hangat. Namun juga jangan makan bubur yang masih panas, menyebabkan tenggorokan menjadi iritasi. 

Sup Ayam

Foto: bunbobae

Jika tenggorokan sedang sakit memang nikmat menyantap makanan yang hangat. Selain itu, makanan yang berkuah juga memudahkan kita untuk menelannya. 

Sup ayam menjadi salah satu menu makanan yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan sup ayam memiliki nutrisi yang bersifat mengurangi peradangan. 

Selain itu sup ayam dapat membantu membersihkan saliran pernapasan. Makanya sup ayam menjadi menu yang baik untuk orang yang sedang sakit tenggorokan. 

Pisang 

Foto: CNN Indonesia

Untuk mempercepat penyembuhan orang sakit juga harus menyantap buah. Salah satu buah yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan adalah pisang. 

Buah berwarna kuning ini memiliki tekstur lembut dibanding buah lainnya. Sehingga memudahkan untuk ditelan kala tenggorokan sakit. Selain itu, pisang adalah buah yang kaya akan kandungannya. 

Seperti kalium, vitamin B6, vitamin C membuat pisang mampu menyembuhkan tenggorokan yang sakit. 

Madu 

Foto: Ladiestory.id

Madu memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, cairan manis ini memang sering dikreasikan dengan berbagai menu makanan. 

Madu dikenal memiliki antioksidan yang tinggi. Bahkan cairan kental ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengobati infeksi. Oleh sebab itu madu ini dapat meredakan sakit tenggorokan. 

Mashed Potato

Mashed potato (Special)

Selain bubur, kentang mampu menggantikan karbohidrat jika kesulitan menelan nasi. Kamu bisa mengolahnya menjadi mashed potato atau kentang tumbuk sehingga memiliki tekstur yang rembut. 

Agar membantu meredakan sakit tenggorokan, Kamu tidak perlu mengupas kulit kentang ketika memasaknya. Sebab kulit kentang mengandung antioksidan, vitamin C, dan magensium. 

Kamu bisa langsung merebusnya, lalu haluskan dan campurkan dengan daging. Bagi penderita diabetes, kentang memang tidak sebaik pengganti nasi lain sebab menggandung gula berlebih. 

Bubur Oatmeal

Ilustrasi overnight oatmeal. (Special)

Gandum dalam bubur oatmeal rupanya memiliki kandungan antioksidan dan magnesium yang mampu mengurangi peradangan. Sedangkan di dalam bubur oatmeal juga mengandung seng yang mampu memberikan kekebalan tubuh. 

Tak hanya mudah ditelan, namun tekstur dan serat bubur oatmeal mampu menghilangkan racun. Kamu bisa mencampurkan bubur oatmeal dengan madu dan santaplah selagi masih hangat. 

Jeruk 

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

Selain pisang, jeruk juga buah yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Bahkan jeruk mampu menyembuhkan tenggorokan yang sakit untuk menelan. 

Hal ini disebabkan jeruk kaya akan vitamin dan nutrisi yang mampu menangani bakteri di tenggorokan.

Jamur

Sup Jamur. (Special)

Nah, salah satu menu makanan yang dapat meredakn tenggorokan adalah jamur. Makanan ini memang banyak digemari oleh orang-orang.

Jamur dapat dikreasikan dalam berbagai menu hidangan. Jamur dapat menyembuhkan tenggorokan, sebab memiliki nutrisi yang bersifat antibakteri. Bahkan jamur dapat meredakan rasa gatal di tenggorokan.