Mom Wajib Tahu, 5 Makanan dan Minuman Pelancar Asi

Selasa, 26 Juli 2022 | 14:30:00

Mom Wajib Tahu, 5 Makanan Dan Minuman Pelancar Asi

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Saat baru melahirkan, kendala yang hampir setiap ibu alami adalah Asi yang tidak keluar. Penyebab ASI tidak keluar biasanya karena kualitas kolostrum yang tak baik. Saat produksi ASI tidak terlalu banyak kolostrum sangat kental dan sulit untuk dipompa.

Mom, tidak perlu khawatir karena kondisi ini cukup sering terjadi dan bukan masalah yang serius atau berbahaya. ASI merupakan sumber nutrisi yang paling utama dan sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Berikut makanan dan minuman yang dapat kamu coba agar ASI lancar.

Sayur Daun Katuk

Daun Katuk (Special)

Daun katuk dipercaya memiliki kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin atau hormon pelancar ASI. Kadar yang tinggi akan meningatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI.

Cara mengelolahnya juga cukup mudah, kamu harus bersihkan daun katuk lalu tiriskan, rebus air hingga mendidih dan tambahkan jagung sisir, daun salam, kunci, dan bumbu sesuai selera dan rebut hingga mendidih, masukan wortel dan daun katuk yang sudah dibersihkan tadi, sayur daun katuk siap disajikan.

Susu Kedelai

Susu Kedelai (Freepik)

Susu kedelai memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan produksi ASI. Karena pada susu kedelai terdapat kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati atau mood. Jika suasana hati baik, makan produksi ASI akan meningkat akibat banyaknya hormon oksitosin.

Selain itu, minum susu kedelai juga dapat dilakukan rutin setiap hari karena memiliki nutrisi yang tinggi dan kandungan kalsium, zat besi, dan serat bagus untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Jus Susu Kurma

Jus Susu Kurma (Freepik)

Salah satu minuman yang banyak dibicarakan jika ibu yang mengalami ASI kurang lancar adalah dengan minuman jus susu kurma.

Sari kurma merupakan cairan berwarna hitam yang terbuat dari ekstrak daging buah kurma, hampir sama seperti madu, namun sari kurma memiliki konsistensi yang memiliki tekstur kasar dan berserat.

Penting dikonsumsi saat ibu menyusui, kurma menjadi ASI booster yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Sari Kurma memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik untuk ibu menyusui seperti karbohidrat, serat, vitamin B6, kalium, kalsium, magnesium dan zat besi.

Kamu juga bisa membuat olahan sari kurma menjadi jus susu kurma dengan mencampurkan bahan susu, kurma dan es batu yang di blend sampai merata. Kamu dapat rutin konsumsi setiap hari untuk meningkatkan produksi ASI.

Wortel

Ilustrasi tumis buncis dan wortel. (special)

Kandungan yang terdapat pada wortel seperti fitoestrogen dipercaya memiliki manfaat untuk meningkatkan ASI saat ibu menyusui.

Mengutip Healthsite, wortel sangat baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Tak hanya itu, saat menyusui terkadang ibu mengalami pembengkakan payudara, wortel juga dipercaya untuk mengobati bengkak payudara saat menyusui.

Cara penggunaanya dengan memarut wortel dan mengoleskannya di payudara, cara ini sudah banyak dilakukan dan dilakukan penelitian oleh American Journal of Clinical, hasilnya wortel dapat menurunkan kemungkinan kanker payudara.

Kunyit Asam

Foto: IDNtimes

Sudah tak heran jika kunyit asam memiliki banyak manfaat seperti pelancar haid dan manfaat lainnya. Kunyit asam juga bermanfaat untuk pelancar ASI bagi ibu menyusui. Kunyit asam memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat meningkatkan produksi ASI.