Kaya Manfaat, Resep Takjil Kurma ala Shopee dan Sisca Soewitomo

Selasa, 12 April 2022 | 17:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kaya Manfaat, Resep Takjil Kurma Ala Shopee Dan Sisca Soewitomo

Lumpia Kurma Keju ala Shopee dan Celebrity Chef Sisca Soewitomo. (Special)

Ladiestory.id - Takjil merupakan salah satu tradisi yang identik saat Ramadan, dikenal sebagai makanan atau minuman kecil pengawal buka puasa sebelum lanjut menyantap menu utama. Konon, takjil bertujuan agar umat muslim dapat segera membatalkan puasa dan mengisi kembali energi dan cairan setelah seharian berpuasa. 

Salah satu menu khas tradisi takjil adalah buah kurma. Miliki rasa manis dan gurih, kurma kerap menjadi takjil andalan masyarakat yang biasanya langsung disantap ketika waktu berbuka puasa telah tiba. Dalam rangka kemeriahan kampanye Shopee Big Ramadan Sale, Shopee bersama Sisca Soewitomo membagikan resep kreasi takjil kurma yang praktis sekaligus manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

“Setelah kurang lebih 12 jam berpuasa, penting bagi kita untuk mempertimbangkan makanan atau minuman pembuka yang sehat dan bergizi demi mengembalikan kesegaran tubuh. Kurma, buah yang tidak pernah absen di setiap bulan Ramadan, dapat menjadi opsi yang tepat,” ujar Celebrity Chef Sisca Soewitomo.

“Kurma bisa kita makan secara langsung atau bisa juga diolah menjadi sajian makanan atau minuman yang manis nan lezat untuk takjil berbuka puasa,” lanjutnya.

Nah, berikut resep takjil kurma ala Shopee dan Celebrity Chef Sisca Soewitomo yang bisa Kamu tiru.

Lu Maju (Lumpia Kurma Keju)

Lumpia Kurma Keju ala Shopee dan Celebrity Chef Sisca Soewitomo. (Special)

Bahan:

  • 20 buah kurma
  • 20 buah keju mozarella, dipotong kotak-kotak sebesar kurma
  • 10 lembar kulit pangsit siap pakai ukuran kecil
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Belah kurma hingga terbuka, tapi jangan sampai terputus. Ambil bijinya dan sisihkan.
  2. Potong keju mozarella seperti bentuk korek api tebal.
  3. Isi kurma dengan keju mozzarella.
  4. Ambil 1 lembar kulit pangsit siap pakai, tata 2 buah kurma sejajar diatas kulit pangsit, lalu gulung kulit lumpia, kemudian lipat.
  5. Lakukan hingga semua kurma habis.
  6. Goreng lumpia hingga berwarna kuning kecokelatan.
  7. Tata di piring saji dan Lu Maju siap dihidangkan.

Kurmalicious

Bahan:

  • 5 buah kurma, buang biji, potong dadu
  • 500 ml susu cair
  • 4 skup es krim
  • 6 sdm sirop kurma

Hiasan: 

  • Daun mint 
  • Whippy cream
  • Cherry merah
  • Potongan kurma 

Cara membuat:

  1. Masukkan susu cair, es krim, sirop kurma, kurma cincang dan es batu ke dalam blender.
  2. Blender bahan-bahan hingga menyatu.
  3. Tuang ke gelas saji.
  4. Agar terlihat lebih menarik, tambahkan whippy cream, cherry merah, daun mint dan juga potongan kurma secukupnya sebagai hiasan. 
  5. Kurmalicious siap disajikan.

Manfaat Kurma

Ilustrasi kurma. (Special)

Walaupun ukurannya mungil, ternyata kurma merupakan buah yang kaya manfaat, lho! Terlebih bagi mereka yang sedang berpuasa. Nah, berikut beberapa manfaat dari kurma.

Kembalikan Energi Tubuh

Setelah seharian berpuasa, tubuh yang kehabisan energi membutuhkan asupan kalori yang bisa dengan cepat diserap. Buah kurma memiliki nutrisi yang pas untuk mengembalikan energi seseorang yang berpuasa. 

Kandungan gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang pas, dapat berperan sebagai sumber energi cadangan yang baik bagi tubuh. Alhasil, kita bisa tetap fit selama Ramadan. 

Baik Bagi Pencernaan 

Seperti halnya buah lain, kurma juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat berguna bagi saluran pencernaan. Mengonsumsi kurma secara teratur dapat mencegah sembelit dan juga mendorong buang air besar. 

Berpengaruh Positif untuk Kesehatan Mental 

Buah kurma memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya vitamin B6. Vitamin ini berguna dalam membantu tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin dan norepinefrin, yang berpengaruh positif bagi kesehatan mental, khususnya dalam mengatur suasana hati dan juga melawan stres.