Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MAKANAN INI DAPAT MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH SAAT PUASA DI TENGAH CORONA COVID-19

Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

LS Health
Penulis: LS Health
Selasa, 27 April 2021 | 08:53:21
Durasi baca: 2 menit, 9 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Selama bulan suci Ramadan, masyarakat muslim yang sehat dan tak berhalangan menjalankan puasa sejak fajar hingga petang. Diawali dengan makan sahur, puasa berlanjut hingga waktu berbuka ketika matahari telah tenggelam. Sepanjang berpuasa, tak ada asupan makanan atau minuman. Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan seputar daya tahan tubuh karena masyarakat menjalankan puasa saat corona belum mereda.

Di tengah pandemi global virus corona ini, pemilihan menu makanan saat sahur dan berbuka puasa penting untuk diperhatikan. Imun tubuh berperan untuk menangkal berbagai penyakit harus selalu dijaga agar penyakit tidak mudah menghampiri. Nah, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan ini untuk meningkatkan sistem imun selama kamu berpuasa di masa pandemi Covid-19.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Nasi Merah

Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi sedangkan tubuh tidak terlalu membutuhkan karbohidrat berlebihan agar stamina tubuh tetap terjaga. Nah, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang memiliki kandungan serat lebih. Dengan mengonsumsi nasi merah, konsumsi karbohidrat dapat ditekan dan imunitas akan lebih terjaga.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi Probiotik

Untuk menjaga kesehatan tubuh, pencernaan juga harus selalu diperhatikan. Berbagai makanan yang dikonsumsi kadang membuat bakteri baik yang ada di usus menjadi tidak seimbang. Jika hal ini terus berlanjut, tentunya pencernaan menjadi tidak lancar dan kesehatan tubuh akan terganggu. Nah, sebaiknya kamu mengonsumsi probiotik atau bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus. Jika pencernaan bekerja optimal, kesehatan tubuh akan terjaga.

Makan Buah dan Sayur

Agar imun tubuh semakin kuat dan terjaga, kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh harus selalu diperhatikan. Jangan lupa untuk memasukkan menu buah dan sayur ke dalam daftar hidangan. Buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral alami yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga imunitas agar tidak mudah terserang penyakit. Selalu pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayur agar kesehatan selalu terjaga.

Perbanyak Menu Berprotein

Tubuh manusia membutuhkan kadar protein yang tinggi dalam menu makanan sehari-hari. Protein dalam tubuh memiliki peranan besar untuk membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Protein juga berguna sebagai salah satu sumber tenaga yang digunakan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sistem imun tubuh akan selalu terjaga dan tidak mudah terserang penyakit jika kesehatanmu terus terjaga.

Konsumsi Air Putih

Kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi setiap saat apalagi di masa pandemi ini. Air putih sering terlupakan ketika menjalankan aktivitas. Pastikan kamu telah mengonsumsi air putih yang cukup sebelum beraktivitas.

Upaya tersebut akan lebih efektif jika dibarengi dengan kepatuhan terhadap imbauan pemerintah mengenai tata cara ibadah puasa. Kementerian Agama telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan ibadah Ramadan di tengah pandemi corona. Poin pokoknya adalah menghindari interaksi yang berpotensi menyebarkan virus corona di antara jemaah, antara lain dengan beribadah di rumah.

Baca juga: 4 Manfaat Mengkonsumsi Lidah Buaya Bagi Tubuh


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

menjaga imunitas saat puasa di tengah pandemi puasa di tengah pandemi menjaga imun tubuh saat puasa puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health