5 Rekomendasi Makanan Khas Betawi yang Wajib Kamu Coba! Legendaris Banget

Minggu, 5 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Rekomendasi Makanan Khas Betawi Yang Wajib Kamu Coba! Legendaris Banget

Foto: Dok. Sajian Sedap

Ladiestory.id - Berkunjung ke kota Jakarta, tidak pas rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Betawi. Banyak macam-macam kuliner dengan berbagai cita rasa yang ditawarkan oleh suku Betawi.

Yang pasti, rasanya khas, lezat dan dapat menggugah selera. Penasaran apa saja kuliner khas Betawi yang tidak boleh kamu lewatkan? Yuk cek daftar di bawah ini!

5 Rekomendasi Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba 

Berikut lima rekomendasi makanan khas Betawi yang wajib untuk kamu coba jika berkunjung kesana, dimulai dari Soto Betawi: 

1. Soto Betawi

Makanan Khas Betawi
Foto: shutterstock

Soto Betawi merupakan hidangan khas Betawi yang sangat terkenal. Soto ini memiliki kuah santan dengan isian daging sapi beserta jeroannya. Selain jeroan, banyak organ sapi lainnya dijadikan isian seperti mata hingga torpedonya.

Soto ini menjadi makanan favorit banyak orang. Anda dapat menemukan Soto Betawi dengan mudah di berbagai sudut kota Jakarta.

2. Kerak Telor

Siapa yang tidak tahu makanan khas Betawi yang satu ini? Kerak telor adalah kuliner yang berbahan dasar telur ayam yang paling populer di Jakarta. Tak hanya telur ayam, kuliner ini juga bisa menggunakan telur bebek sebagai bahan utamanya.

Makanan Khas Betawi
Foto: shutterstock

Agar lebih nikmat, ia biasa ditambah dengan beras ketan putih dan serundeng ebi. Makanan ini dimasak diatas tungku arang hingga kering seperti kerak. Kemudian diberi bumbu halus dan bawang goreng renyah diatasnya. Rasanya gurih dan teksturnya sangat legit. 

3. Semur Jengkol

Makanan Khas Betawi
Foto: instagram.com/niesukma_

 

Meskipun memiliki aroma yang menyengat, Semur Jengkol menjadi makanan yang digemari banyak orang Betawi lho! Makanan ini terbuat dari jengkol yang dimasak empuk dengan bumbu dan rempah. Biasanya Semur Jengkol dihidangkan dengan nasi uduk atau nasi putih hangat.

4. Roti Buaya

Makanan Khas Betawi
Foto: shutterstock

 

Roti yang satu ini bukan roti biasa. Roti Buaya adalah roti khas Betawi yang memiliki simbol penting bagi orang Betawi. Seperti namanya, roti ini berbentuk seperti buaya yang memiliki Panjang sekitar 50cm.

Bagi masyarakat Betawi, Roti Buaya memiliki arti kesetiaan pada pasangan.  Tak heran Anda banyak menemukannya pada acara pernikahan adat Betawi.

5. Ketoprak

Makanan Khas Betawi
Foto: shutterstock

Ketoprak terbuat dari bahan utama seperti tahu, timun, bihun dan telur rebus yang diberi saus kacang. Makanan khas Betawi yang satu ini sangat mudah ditemukan di Jakarta.  Jika mengunjungi Jakarta, Anda wajib mencoba menu yang satu ini! 

Nah, itu tadi kuliner yang khas Betawi yang patut kamu coba. Kira-kira menu mana yang paling ingin kamu cicipi?