Wajib Coba! 10 Makanan Korea Berkuah Sering Muncul di Drama

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Wajib Coba! 10 Makanan Korea Berkuah Sering Muncul Di Drama

Foto: thedailymeal

Ladiestory.id - Di saat musim hujan seperti sekarang ini memang paling pas menikmati makanan yang berkuah dan pedas. Tubuh pun akan terasa hangat.

Nah, seperti yang kita tahu banyak makanan khas Korea yang tren di Indonesia. Tentunya kita akan dibikin ngiler dengan beraneka ragam santapan khas Korea Selatan yang sering kita lihat di drama.

Makanan Korea Berkuah, Wajib Coba!

Di Korea sendiri, klasifikasi makanan berkuah dibagi menjadi tiga yaitu guk, tang dan jjigae. Guk dan tang sama-sama bisa diartikan sebagai sup. Sementara jjigae memiliki kuah yang lebih kental dibandingkan sup dan biasanya disajikan di wadah batu yang mendidih. Yuk ketahui 10 makanan Korea berkuah yang wajib kamu coba!

1. Seollongtang

Seollongtang adalah makanan Korea berkuah khas Seoul yang terbuat dari rebusan tulang sapi. Rebusan tulang yang dimasak berjam-jam dengan api rendah menghasilkan kuah kaldu berwarna putih susu. Rasanya lembut di lidah dan tenggorokan. Dalam setiap porsi seollongtang juga sudah termasuk beberapa potong daging sapi rebus yang diiris tipis.

Biasanya seollongtang disajikan tanpa bumbu tambahan. Kita bisa menambahkan garam, merica, bawang putih tumbuk atau daun bawang.

Seollongtang ini nikmat disantap bersama nasi putih panas dan aneka kimchi. Salah satu restoran yang paling terkenal dengan menu seollongtang-nya adalah Sinseon Seollongtang.

2. Miyeok guk

Dalam bahasa Indonesia, miyeok guk berarti sup rumput laut. Seperti namanya, sup ini berisi rumput laut dan kaldu daging atau ayam.

Biasanya di Korea Selatan, makanan Korea ini disuguhkan saat acara ulang tahun. Hal ini memberi harapan agar yang sedang berulang tahun berumur panjang.

3. Sundubu Jjiagae

Sundubu jjigae adalah pilihan yang tepat di musim penghujan seperti sekarang ini. Makanan Korea berkuah yang pedas dan populer ini terbuat dari seafood, tofu, telur dan sayuran.

Rasa pedas dari menu ini terdapat pada pemakaian gochujang (pasta cabe) dan gochugaru (cabai bubuk). Menu ini enak disantap panas - panas dengan nasi sambil menghangatkan tubuh.

Isi dalam menu ini juga mengandung nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Tofu, telur dan sayuran baik untuk mencegah kanker, hipertensi dan mengatasi masalah pada lambung.

4. Dakbokkeumtang

Dakbokkeumtang atau Spicy Chicken Stew merupakan masakan Korea yang berkuah dan dimasak dengan cara direbus.

Dakbokkeumtang ini adalah hidangan ayam klasik yang dimasak bersama saus merah pedas dan tambahan bahan lain seperti kentang, sayuran, wortel, dan bawang. Hidangan yang satu ini cukup populer pada restoran di Korea sana.

Untuk ayamnya itu sendiri, Dakbokkeumtang menggunakan ayam yang dipotong kecil-kecil. Gunanya agar ayam bisa mudah dimakan.

5. Kimchi jjigae

Foto: Ladiestory.id

Bagi penggemar makanan bercitarasa pedas dan asam, pasti suka dengan kimchi jjigae. Makanan Korea ini dibuat dari kimchi sawi putih yang sudah tua.

Meski bisa juga dibuat dari kimchi yang masih segar, namun kimchi tua akan memberikan rasa yang lebih kuat. Selain itu biasanya juga ditambahkan daging babi cincang, tuna atau makerel. Rasanya gurih, pedas, asam, dan nikmat.

6. Hobakjuk

Hobak dalam bahasa Indonesia berarti labu sedangkan juk adalah bubur, jadi hobakjuk adalah bubur labu. Ya, seperti namanya makanan Korea ini merupakan bubur yang dibuat dengan bahan dasar labu. Bubur ini biasa disajikan hangat dengan rasa yang nikmat.

7. Ramyeon

 

Foto: Ladiestory.id

Makanan Korea yang sangat khas ini mirip dengan makanan Jepang di mana menggunakan bahan dasar mie yang disajikan dengan mie kuah instan dan ditambahkan beberapa sayuran. Ramyeon adalah makanan wajib di Korea, sama halnya seperti kimchi.

Cara makannya pun unik yaitu menyantapnya dengan lahap dan menyeruput kuahnya langsung dari mangkuk. Mie sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang dapat menyimpan energi sepanjang hari. Sedangkan sayuran kaya akan serat yang diperlukan bagi tubuh untuk melancarkan pencernaan.

8. Samgyetang

Samgyetang atau Sup Ayam Ginseng dikenal memiliki rempah yang banyak dan menyehatkan tubuh. Kandungan ginseng pada sup Samgyetang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya menurunkan kadar gula darah.

Di Korea, Samgyetang ini biasa disajikan saat Musim Semi tiba. Ayam yang biasa digunakan merupakan ayam muda utuh. Uniknya, menu Samgyetang asli Korea ini memasukkan nasi dengan campuran bawang putih ke dalam ayam utuh tersebut.

9. Naengmyeon

Berbeda dari sup yang lain, jenis sup ini disajikan dalam kuah yang dingin. Naengmyeon biasanya disajikan saat musim panas sehingga dapat membantu menyegarkan suasana. Dalam sup ini berisikan telur, mi, sayuran, kimchi, buah pir, dan lain-lain.

10. JJampong

Mie berkuah kemerahan ini berisi aneka seafood dan sayuran. Pemakaian bubuk cabai membuat citarasa menjadi nikmat dan pedas. Menu ini nikmat disantap di musim dingin.

Semanguk jjampong dapat bermanfaat meningkatkan imunitas, mengatasi diabetes, meredakan sakit kepala dan mengurangi badan pegal-pegal. Jadi sambil menikmati segarnya jjampong, badanpun tetap hangat dan sehat.

Inilah 10 makanan Korea berkuah. Ngiler kan? Kamu pengen coba yang mana?

s