8 Makanan Lazim yang Tidak Boleh Dimakan Keluarga Kerajaan Inggris

Minggu, 7 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

8 Makanan Lazim Yang Tidak Boleh Dimakan Keluarga Kerajaan Inggris

Foto: Kompas

Ladiestory.id - Menjalani hidup sebagai raja dan ratu atau keluarga Kerajaan Inggris menjadi dambaan hampir setiap orang. Hidup bergelimang kemewahan, kebutuhan apa pun dipenuhi, dan ragam keistimewaan lainnya.

Namun rupanya keluarga Kerajaan Inggris dikenal memiliki berbagai aturan dan batasan tertentu termasuk soal makanan. Bahkan beberapa makanan yang umum disantap orang banyak, nyatanya tak boleh disajikan dan dimakan oleh keluarga Kerajaan Inggris.

Daftar Makanan yang Tidak Dimakan Keluarga Kerajaan Inggris

Hal ini disebabkan dari berbagai alasan, mulai dari menghindari bau mulut dan sakit perut seperti mengikuti preferensi menu Yang Mulia Ratu. Kira-kira makanan apa saja ya yang tidak boleh dimakan oleh keluarga Kerajaan Inggris?

1. Bawang Putih dan Bawang Merah

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Ladiestory.id

Mantan koki Kerajaan Inggris, Darren McGrady, mengungkapan bahwa Ratu Elizabeth II tidak menyukai rasa dan aroma makanan yang kuat seperti bawang putih dan bawang merah. Para koki pun tidak bisa menggunakan bahan tersebut di dapur Istana Buckingham.

Hal ini juga pernah disebutkan istri Pangeran Charles, Camilia Parker Bowles, saat menjadi tamu di MasterChef Australia.

Menurutnya, keluarga Kerajaan Inggris tidak bisa makan bawang putih dan bawang merah karena mereka sering terlibat percakapan dengan bangsawan atau tokoh penting di masyarakat. Bau menyengat yang tercium tentu bisa membuat image mereka buruk.

2. Pinggiran Roti

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: anillogicalmagic

Ratu Elizabeth II adalah penggemar sandwich. Namun, tahukah kamu bahwa ratu dan para bangsawan lainnya lebih memilih roti sandwich mereka tidak memiliki pinggiran? Hal ini pernah diungkapkan oleh mantan koki kerajaan, Owen Hodgson pada The Telegraph.

"Seorang koki mengatakan pada saya untuk menyajikan sandwich tanpa pinggiran," katanya.

Untuk jenis rasa, ratu dikatakan sangat menyukai sandwich tuna mayo yang dipadukan dengan potongan mentimun dan sedikit taburan merica. Sandwich yang dimakannya juga dibaluri mentega dengan sempurna.

3. Daging dan Seafood Mentah

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Kompas

Keluarga Kerjaan Inggris juga tidak boleh makan daging mentah, seafood mentah, dan kerang-kerangan selama kunjungan atau tur kerajaan. Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran keracunan makanan.

Mantan kepala pelayan kerajaan Grant Harold, membenarkan aturan ini masuk akal ketika anggota keluarga kerajaan sedang bertugas.

4. Buah yang Tidak Musim

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Hipwee

Ratu hanya akan makan buah-buahan dan sayuran yang sedang musim saja. Pasalnya, ratu tak mau makan buah atau sayur hasil rekayasa genetik yang tetap ada meski bukan musimnya.

Hal ini diungkap oleh mantan koki ratu, Darren McGrady kepada RecipePlus. Menurutnya, ratu tidak akan berkomentar jika koki menyajikan buah yang sama terus menerus jika memang musimnya, tapi tidak akan menerima buah itu jika bukan musimnya.

5. Kentang, Pasta, dan Nasi Hanya untuk Acara Khusus

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Ladiestory.id

Menurut Darren McGrady, Ratu cenderung menghindari makan makanan bertepung seperti kentang, pasta, dan nasi, kecuali pada acara-acara yang sangat khusus.

Meskipun aturan ini kemungkinan tidak berlaku untuk bangsawan lain ketika mereka pergi melakukan urusan di luar, tapi makan di Istana Buckingham (atau di mana pun Ratu saat ini tinggal) akan menjadi cerita yang sama sekali berbeda.

Keengganan Ratu untuk makanan bertepung dinilai karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sebab menurut beberapa orang, dapat berdampak pada kesehatan.

6. Kerang

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Ladiestory.id

Yang tidak disukai para bangsawan adalah kerang karena berisiko tinggi keracunan makanan. Mantan kepala pelayan kerajaan Grant Harold mengatakan pada majalah Woman & Home bahwa alasan itu sangat masuk akal untuk meninggalkan makanan laut.

“Kami tidak ingin anggota keluarga Kerajaan mengalami masalah serius keracunan makanan, terutama jika sedang melakukan tur ke luar negeri,” kata Harold.

Namun, dia meyakini aturan itu kadang dilanggar. Sebelumnya, Pangeran William mengungkapkan kecintaannya pada sushi dan Pangeran Charles pernah mencicipi kerang. Sementara sang Ratu dikatakan selalu berpegang pada pedoman itu.

7. Makanan Pedas

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: jagapati

Sebagai foodie, Meghan Markle tentunya tak asing dengan banyak rempah-rempah, termasuk cabai atau bumbu makanan pedas lainnya. Namun kesukaannya menyantap makanan pedas harus ditahan ketika mobilitasnya tinggi, apalagi yang berhubungan dengan kegiatan kerajaan.

Ratu tidak mengizinkan konsumsi makanan pedas karena efek sampingnya dianggap bisa mengganggu, seperti mag, diare, perut tidak nyaman, dan sensasi terbakar.

8. Foie Gras

makanan yang dilarang Keluarga Inggris
Foto: Wikipedia

 

Pada 2008, foie gras dilarang oleh Pangeran Charles untuk disantap di istana lantaran dianggap kejam terhadap binatang. Foie gras adalah makanan khas Perancis dari hati angsa dan bebek.

Sebelum disembelih, angsa atau bebek akan diberi banyak makanan dan dikurung dalam kandang sempit agar hatinya berlemak. Konon semakin berlemak hati angsa atau bebek, maka semakin nikmat. Ini dianggap hal yang kejam terhadap binatang.

Inilah daftar makanan yang tidak boleh dimakan keluarga Kerajaan Inggris. Jika kamu menjadi salah satu dari mereka, apakah sanggup tidak memakan beberapa daftar di atas?