Bosan dengan Nasi? 5 Makanan Pokok Ini Bisa Jadi Pengganti

Sabtu, 11 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Bosan Dengan Nasi? 5 Makanan Pokok Ini Bisa Jadi Pengganti

Ilustrasi orang makan nasi. (Special)

Ladiestory.id - Fakta menarik orang indonesia yang ternyata tidak sepenuhnya tepat adalah mereka wajib makan nasi. Sebenarnya, memang benar bahwa nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Maka dari itu, munculah anekdot tentang jika belum makan nasi artinya belum makan.

Nasi termasuk dalam salah satu sumber karbohidrat yang merupakan kebutuhan tubuh. Selain itu, dibandingkan sumber lainnya, nasi dapat dikatakan paling mudah didapatkan. Namun, walaupun begitu ternyata ada beberapa orang dengan penyakit, seperti diabetes, perlu membatasi bahkan menghindari nasi.

Penyebabnya, karena nasi memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan penderita diabetes. Bukan hanya penderita diabetes, nasi kurang cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Para penderita diabetes, penganut program menjalani diet dari anak-anak hingga lansia dapat mengganti konsumsi nasi dengan beberapa makan berikut.

Oats

Ilustrasi perempuan konsumsi oatmeal. (Special)

Selain sebagai alternatif untuk mengurangi diabetes, oats termasuk makanan yang dapat menambah nafsu makan. Asal oats mulai muncul berawal dari masyarakat urban yang memperkenalkan serta rutin mengkonsumsinya. Bahkan, bagi sebagian orang, oats menjadi makanan pokok.

Kandungan yang Kamu dapatkan saat mengkonsumsi oats adalah serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan sebagai sumber energi harian yang  baik. Alasan lain Oats menjadi rekomendasi untuk mereka yang tidak mengonsumsi nasi seperti penderita diabetes supaya gula darahnya tetap stabil.

Jagung

Ilustrasi jagung. (Special)

Jagung merupakan makanan yang sudah cukup terkenal dan banyak dijadikan camilan. Jagung menjadi menu pilihan untuk orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan dalam program diet. Selain itu, pada beberapa daerah di Indonesia ada yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok. 

Kandungan yang terdapat pada jagung adalah vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, vitamin C, serat, magnesium, dan fosfor. Jagung sangat cocok untuk menu diet sehat baik untuk orang sakit, anak-anak, atau lansia.

Singkong atau Ubi

Ilustrasi singkong. (Special)

Sering kali kita menemukan bahan makan ini sebagai menu camilan ringan, seperti keripik. Ternyata, singkong dapat menjadi pilihan pengganti nasi tapi bukan dalam bentuk keripik.

Biasanya, singkong hadir dalam olahan rebusan yang disantap bersama lauk atau sayur. Hanya saja, jika ingin lebih variatif, rebus singkong dengan campuran bahan-bahan penyedap seperti garam atau gula merah.

Kamu perlu perhatikan dan berhati-hati dalam mengolah singkong. Pastikan untuk membersihkan singkong dengan baik dan benar sebelum direbus. Manfaat dari kandungan zat kimia glikosida sianogen pada singkong mampu melepas sianida dalam tubuh. Selain singkong, ada ubi yang bisa menjadi selingan menu kedua makanan itu. 

Kentang

Ilustrasi kentang. (Special)

Kamu mungkin sudah mulai terbiasa dengan menu makanan ini, yaitu kentang. Kadang kala kita sering menemukan pada beberapa tempat makan yang memberikan pilihan nasi atau kentang. 

Nyatanya, memang benar bahwa kentang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi yang mudah didapatkan dan diolah. Bicara dari segi rasa dan efek kenyang masih setara dengan nasi, bahkan kentang memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan nasi.

Kandungan yang dimiliki kentang adalah vitamin B6, vitamin C, kalium, serat, zat besi, omega-3, dan omega-6 sebagai sumber energi baik untuk kesehatan.

Nasi merah

Ilustrasi beras merah. (Special)

Alternatif terakhir, jika Kamu belum benar-benar bisa meninggalkan nasi. Kamu bisa mengganti makanan pokok dari nasi putih ke nasi merah. Walaupun sama-sama berjenis beras, tapi beras merah memiliki kandungan yang berbeda dengan beras putih. Sederhananya. beras merah dianggap lebih sehat dibandingkan beras putih. 

s