7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Anak

Kamis, 27 Januari 2022 | 06:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan Anak

Ilustrasi anak makan. (special)

Ladiestory.id - Sebagai orang tua kita pasti punya rasa khawatir saat anak terlihat kurus dan memiliki berat badan di bawah standar kesehatan. Jika kondisi terlanjur seperti ini, secara otomatis sebagai orang tua akan memberikan porsi makan yang lebih agar berat badan anak bisa normal.

Namun, hal yang paling penting sebenarnya bukan pada porsi makan anak, melainkan dari banyaknya kandungan lemak dan protein yang diberikan kepada anak. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memilih makanan yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan anak.

Tak perlu bingung ya Ladies, berikut beberapa makanan yang dapat menambah berat badan anak yang telah ladiestory.id rangkum.

1. Nasi

Ilustrasi nasi putih. (special)

Nasi merupakan makanan pokok penduduk Indonesia yang mengandung karbohidrat dan tinggi kalori. Di Indonesia terdapat beberapa jenis nasi selain nasi putih, misalnya nasi merah, nasi hitam dan nasi coklat. Nasi tersebut memiliki banyak kandungan serat, protein, vitamin, mineral dan gizi lainnya yang mampu menjaga kesehatan serta tumbuh kembang anak.

2. Kentang

Ilustrasi kentang. (special)

Jika anak kurang suka atau bosan dengan nasi, kita bisa menggantinya dengan kentang. Kita dapat mengolah kentang menjadi beraneka ragam camilan, agar anak tidak mudah bosan. Selain itu, kentang dapat membantu menambah berat badan anak karena mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Kentang bisa meningkatkan jumlah glikogen yang ada di dalam tubuh. Glikogen adalah  sumber energi utama yang digunakan tubuh ketika melakukan aktivitas. 

3. Daging

Ilustrasi daging. (special)

Salah satu makanan penambah berat badan anak lainnya adalah daging. Aneka jenis daging seperti ayam, sapi, kambing atau bebek merupakan sumber lemak dan zat besi yang baik bagi pertumbuhan anak.

Kandungan protein yang tinggi pada daging, dapat membantu menambah berat badan anak, serta mencegah anemia. Daging dapat diolah menjadi bakso, di panggang atau di jadikan risol sebagai camilan sehat anak.

4. Ikan

Ilustrasi ikan. (special)

Sama halnya seperti daging, ikan memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup tinggi sehingga mampu menambah berat badan anak. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 yang mendukung kesehatan dan kecerdasan otak anak.

Namun, terkadang ada beberapa anak yang alergi terhadap ikan. Jika hal itu terjadi, alangkah baiknya untuk segera berkonsultasi kepada dokter, agar bisa menentukan makanan lain yang aman bagi anak.

5. Telur

Ilustrasi telur. (special)

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan dan gampang untuk diolah. Telur memiliki kandungan protein, lemak, mineral dan zat gizi lainnya yang bisa menambah berat badan anak. Telur dapat disajikan menjadi beragam menu misalnya telur goreng, telur rebus, atau sebagai isian dan campuran roti. Sebelum diberikan kepada anak, pastikan kondisi telur dalam keadaan matang sempurna. Hal ini untuk mencegah terjadinya diare pada anak.

6. Susu

Ilustrasi susu. (special)

Susu dan beberapa produk olahannya seperti keju, yogurt, butter, dan krim sangat bermanfaat untuk menambah berat badan anak. Kandungan lemak yang cukup tinggi dalam susu, dapat membuat berat badan anak naik lebih cepat. Selain  itu susu berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi anak.

7. Alpukat

Ilustrasi alpukat. (special)

Salah satu jenis buah yang membuat tubuh anak semakin berisi adalah alpukat. Selain memiliki rasa yang enak, manis dan disukai anak-anak. Alpukat mengandung lemak sehat dan kalori yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Alpukat bisa dicampur dengan susu, diolah menjadi jus, atau dikonsumsi secara langsung. Buah alpukat mengandung senyawa yang sangat baik untuk tubuh, sehingga dapat dikonsumsi setiap hari.