Cegah Corona dengan 9 Makanan yang Mengandung Imun Booster!

Jumat, 3 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cegah Corona Dengan 9 Makanan Yang Mengandung Imun Booster!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Berbagai tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker telah dilakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus Corona COVID-19. Namun sistem daya tahan tubuh yang kuat juga perlu disiapkan untuk menghadapi pandemi ini.

Mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu sistem kekebalan tubuh atau imun booster untuk berfungsi secara optimal. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat, kamu bisa terlindungi dari berbagai macam penyakit, termasuk dari virus corona atau COVID-19.

9 Makanan yang Mengandung Imun Booster

Menambahkan beberapa makanan tertentu dapat menjadi imun booster terbaik sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Lalu, makanan apa saja kah yang dapat dikonsumsi sebagai imun booster?

1. Jeruk

Foto: Ladiestory.id

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi sebagai imun booster berasal dari buah-buahan berupa jeruk. Buah berwarna kuning atau oranye ini memang sudah lama dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini karena jeruk kaya dengan kandungan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk diperkirakan dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan beragam jenis buah jeruk yang ada, kamu bisa mendapatkan imun booster dari buah jeruk, jeruk bali, jeruk lemon, atau jeruk nipis.

Kamu membutuhkan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya. Maka, penuhilah jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan, yakni sebanyak 75 mg untuk wanita dan 90 mg bagi pria.

Buah jeruk bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian ini. Bisa juga mengonsumsi vitamin C dalam suplemen, tetapi hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) dalam sehari.

2. Yoghurt

Selama masa pandemi, para ahli dan dokter menganjurkan masyarakat untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol secara teratur untuk memastikan kebersihan tangan. Meskipun hand sanitizer mampu menghilangkan kuman, tapi mereka juga bisa menghilangkan bakteri baik yang penting untuk membangun kekebalan tubuh.

Nah, yoghurt adalah makanan imun booster yang mengandung probiotik alami yang bisa membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh kamu. Carilah yoghurt yang ada tulisan “kultur hidup dan aktif pada labelnya, seperti yoghurt Yunani. Kultur ini bisa merangsang sistem kekebalan tubuh kamu untuk membantu melawan penyakit.

Pilihlah yoghurt tanpa rasa daripada yoghurt yang diberi rasa dan kaya akan gula. Kamu bisa membuat yoghurt tawar kamu menjadi manis dengan buah-buahan sehat dan sedikit madu.

3. Paprika Merah

Foto: Ladiestory.id

Seperti jeruk, papripa termasuk bahan makanan imun booster yang juga kaya akan kandungan vitamin C. Jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida.

Paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berguna juga untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Sementara, beta karoten paprika yang diubah tubuh menjadi vitamin A setelah dikonsumsi, bisa membantu menjaga kesehatan mata.

4. Brokoli

Foto: Ladiestory.id

Tahukah kamu bahwa brokoli bisa menjadi makanan imun booster? Tak hanya mengandung vitamin C, brokoli juga menyimpan nutrisi penting yang lain. Mulai dari vitamin E, antioksidan, hingga serat. Supaya nutrisi itu bisa terserap tubuh secara maksimal, usahakan untuk tidak memasak brokoli terlalu lama.

5. Jahe

Jahe adalah bahan yang sering digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan penurun kolesterol.

6. Bayam

Bayam juga dapat menjadi imun booster hlo. Sebab bayam kaya akan vitamin C dan juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

Namun, perlu diketahui bahwa bayam paling sehat jika dimasak dengan waktu yang sesingkat mungkin agar nutrisinya tetap terjaga.

7. Bawang Putih

Tidak hanya bisa menambah kelezatan makanan, bawang putih juga merupakan makanan anti-virus alami yang bisa memberikan perlindungan dari flu musiman. Selain itu, konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin, juga membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh.

8. Kunyit

Foto: Aladokter

 

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Konsentrasi kurkumin yang tinggi memberi warna khas pada kunyit yang mampu membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Inilah 9 makanan yang mengandung imun booster agar terhindar dari penyakit hingga virus Covid-19. Semoga bermanfaat!