Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Anak Bermain saat Hujan

Minggu, 30 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Anak Bermain Saat Hujan

Ilustrasi anak bermain hujan. (Special)

Ladiestory.id - Kala hujan turun, biasanya anak-anak asyik bermain dengan riang bersama teman-temannya. Namun, tidak semua orang tua mengizinkan anaknya bermain dengan berbagai alasan. Tetapi, tahukah kamu? Anak bermain saat hujan juga tidak selalu berdampak buruk, lho. Bahkan, hujan juga bisa membuat imunitas anak menjadi kuat. Berikut 5 manfaat anak bermain saat hujan tiba.

Berikan Suasana Bahagia

Ilustrasi anak bermain hujan. (Special)

Tidak selamanya hujan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hujan juga bisa membantu meningkatkan mood atau memberikan suasana bahagia kepada anak-anak. Bahkan, mereka bisa tersenyum lepas dan bergembira, sehingga meluapkan segala emosi dan kesedihannya.

Anak-anak akan senang bermain percikan air hujan, basah-basahan, bermain seluncuran, hingga berlari-lari bahagia disaat hujan. Dinginnya air hujan justru akan membuat mereka lebih bersemangat bermain serta betah berlama-lama menari dan bergembira ketika hujan turun.

Latih Keseimbangan Anak

Ilustrasi anak bermain hujan. (Special)

Kala hujan, usahakan agar anak-anak semakin aktif berada di luar ruangan. Ketika mereka melihat genangan air, maka mereka akan melompat-lompat kegirangan bahkan menendang genangan air. Secara tidak langsung, anak akan melatih kemampuan motorik, keseimbangan, hingga koordinasi terhadap tubuhnya.

Hal ini pun akan membantu pertumbuhan tulang dan otot anak menjadi lebih kuat dan mampu mencegah anak terhindar dari osteoporosis dini hingga obesitas.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi anak bermain hujan. (Special)

Konon, ketika anak-anak bermain disaat hujan, anak akan rentan terserang penyakit demam, flu, hingga masuk angin. Hal ini masih banyak dipercayai oleh masyarakat, khususnya orang tua. Namun pada kenyataannya, hujan juga dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh pada anak-anak.

Menurut pendapat ahli Alan C.Logan mengungkapkan, bahwa anak yang kerap bermain di alam bebas baik ketika cuaca cerah maupun hujan, justru akan membantu meningkatkan ketahanan terhadap mental dan fisiknya. Maka dari itu, anak-anak yang bergembira bermain dikala hujan turun justru akan lebih kuat dan aktif membangun daya tahan tubuhnya.

Tingkatkan Eksplorasi

Ilustrasi liburan saat musim hujan. (Special)

Saat hujan, anak-anak juga akan merasa penasaran mengapa air tersebut bisa turun dari atas langit. Mereka pun tentunya akan merasa penasaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka pun akan turun ke luar rumah sembari bereksplorasi.

Orang tua juga bisa menemani si kecil bermain atau membawakan payung sambil berjalan-jalan di sekitar rumah sembari menemani si kecil mencium udara hujan yang segar, merasakan sejuknya air hujan, melihat tumbuhan yang basah, hingga membantu si kecil mencari tahu perihal rasa penasaran yang ada dalam dirinya.

Tingkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi anak bermain hujan. (Special)

Ketika hujan turun, anak-anak akan merasa bahagia, mereka tidak sabar untuk keluar dan bermain di bawah derasnya air hujan. Tak heran, mereka pun akan merasa gembira, berteriak, berlarian, dan melompat-lompat. Hal ini jug dapat berpengauh pada kesehatan mentalnya, karena mereka akan terhindar dari stres, sehingga membuatnya menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan berani.

Nah, itulah 5 manfaat dari bermain hujan bagi anak-anak. Tidak selamanya buruk, justru hujan juga dapat memberikan berkah dan kebahagiaan bagi anak-anak. Namun, orang tua juga harus waspada dan membatasi anak bermain dikala hujan agar mereka pun tetap bisa fit untuk menjalani aktivitas keesokan harinya.