Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Thursday, 17 Jun | 12:37:45

LS Health

Penulis : LS Health

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Baking soda atau soda kue sering digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan kue. Tidak hanya bermanfaat sebabagi tambahan bahan pangan, baking soda juga diketahui memiliki manfaat untuk kecantikan.

Walau bermanfaat untuk kecantikan, baking soda tidak dapat digunakan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan baking soda bersifat basa dengan pH 9. Sedangkan pH kulit wajah normalnya 5,5. Untuk itu, perlu campuran bahan lain agar tidak menimbulkan iritasi.

Baking soda memiliki kandungan anti peradangan dan antiseptik. Sehingga, baking soda dapat membantu meringankan iritasi akibat gigitan serangga ataupun ruam.

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Baking soda dikenal memiliki manfaat untuk seluruh tubuh, dari ujung rambut hingga ujung kaki. Baking soda juga bermanfaat untuk masalah wajah. Berikut ini, beberapa manfaat baking soda untuk wajah.

      1. Menghilangkan komedo

Manfaat yang pertama dari baking soda adalah dapat dijadikan scrub yang dapat menghilangkan komedo. Komedo menjadi salah satu masalah wajah berupa bintik hitam maupun putih, biasanya di bagian hidung. Baking soda dikenal dapat membantu mengangkat sel kulit mati diwajah.

Cara pakainya pun tergolong mudah:

  • Pertama bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori disekitar hidung dapat terbuka
  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dan sedikit pasta gigi hingga menjadi pasta
  • Balurkan pada hidung secara merata
  • Gosok perlahan selama beberapa menit
  • Bilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup
  • Aplikasikan pelembap

      2. Membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Salah satu masalah lain yang sering timbul di wajah adalah jerawat. Jika tidak dirawat dengan benar, jerawat dapat meinggalkan luka bekas jerawat atau menjadi noda hitam.

Untuk menghilangkan bekas jerawat ini, kamu perlu mencampur baking soda dan air dengan jumlah wajar hingga menjadi kental seperti pasta. Lalu aplikasikan pada jerawat dan bekasnya. Perlu dicatat untuk tidak mengaplikasikan baking soda jika memiliki luka terbuka, seperti lecet.

Mengoleskan baking soda akan membantu pengelupasan kulit. Sehingga akan terjadi regenerasi kulit baru sehingga bekas jerawat dapat cepat pudar.

     3. Membantu mencerahkan kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa baking soda memiliki sifat sebagai eksfolian yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Untuk mendapat manfaat baking soda untuk mencerahkan kulit, kamu perlu menyiapkan 1 sendok teh baking soda dan satu sendok teh perasan lemon. Aplikasikan pada area jerawat selama 1-2 menit. Kemudian bilas.

Cara ini dapat dilakukan selama 2-3 kali dalam seminggu sesuai kebutuhan

Risiko Baking Soda Untuk Wajah

Segera hentikan cara-cara di atas jika kulit menunjukkan tanda-tanda penolakan terhadap baking soda.

Walau baking soda memiliki segudang manfaat bagi kulit dan wajah, namun baking soda juga dapat memberikan efek samping, diantaranya

  • Kulit menjadi semakin kering
  • Jerawat dapat memburuk
  • Dapat menyebabkan iritasi
  • Membuat kulit lebih sensitif tehadap paparan sinar matahari

Hal ini dapat terjadi karena pH baking soda yang tinggi dapat mengganggu tingkat pH kulit. Basa alkali yang kuat dapat menghilangkan semua minyak alami kulit. Jika ini terjadi, akibatnya kulit menjadi tak terlindungi dari bakteri.

Agar manfaat baking soda dapat dirasakan secara maksimal, gunakan baking soda dengan takaran yang wajar, dan tidak menggunakannya setiap hari. Ada baiknya untuk menggunakan baking soda yang baru dibuka agar tidak terkontaminasi zat lain yang dapat menyebabkan kulit iritasi.

Berita Terkait