Buat Panjang Umur, Ini 9 Manfaat Bermain Golf untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 25 September 2021 | 00:02:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Buat Panjang Umur, Ini 9 Manfaat Bermain Golf untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Golf merupakan salah satu jenis olahraga yang populer di dunia. Olahraga ini dimainkan di lapangan sangat luas, berkisar 30-200 hektar. Target utama golf adalah memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin, dengan menggunakan klab (stik golf).

Meskipun olahraga ini terdengar sangat mudah, tetapi untuk memasukkan bola kecil ke dalam lubang tetap membutuhkan skill dan pengetahuan yang dilatih secara rutin. Selain keahlian memukul yang baik, olahraga golf juga membutuhkan kesabaran dan juga stamina untuk mengelilingi lapangan yang luas.

Manfaat Golf untuk Kesehatan

Sama seperti olahraga lainnya, olahraga golf juga busa memberikan manfaat kesehatan bagi pemainnya, lo. Faktanya, golf tak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat terhadap tubuh. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut!

1. Membuat umur lebih panjang

Foto: Ladiestory.id

Menurut sebuah penelitian, mereka yang rutin bermain golf akan terhindar dari 40 penyakit kronis, antara lain diabetes dan kanker payudara atau usus. Selain itu, bukti menunjukkan bahwa para pemain golf hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain golf, menikmati perbaikan taraf kolesterol, proporsi tubuh, kesehatan, dan kepuasan diri.

2. Risiko cedera rendah

Golf sendiri merupakan olahraga dengan risiko cedera yang paling rendah. Golf adalah olahraga yang santai, dibandingkan dengan olahraga lain. Risiko cedera dari olahraga ini terbilang rendah karena bukan olahraga yang mengandalkan kontak fisik.

Meskipun golf pada dasarnya adalah olahraga strategi, koordinasi, dan akurasi, ada beberapa aktivitas fisik yang melibatkan berjalan, berayun, dan berputar. Namun olahraga ini mampu memberikan aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga otot tetap aktif.

3. Memperkuat kandung kemih

Foto: Ladiestory.id

Selain manfaat yang di atas, bermain golf secara rutin itu bisa memperkuat kandung kemih. Lho bagaimana bisa? Nah, ketika bermain golf, pemainnya akan berada di tengah lapangan luas, sehingga secara tidak langsung membuat pemainnya tidak bisa leluasa ke toilet terlalu sering.

Dengan cara seperti ini lah yamg membuat kita terlatih untuk mengontrol kandung kemih, sehingga otot-ototnya jadi lebih kuat.

4. Mendapat asupan matahari dan udara segar

Manfaat lain dari olahraga golf yang berikutnya adalah bisa mendapatkan asupan matahari dan udara segar di luar ruangan. Bermain golf di lapangan dengan luas hingga 200 hektar, mengharuskan pemain berada di luar ruangan.

Berjemur di bawah sinar matahari mampu memberi kita banyak manfaat kesehatan, terutama bagi pikiran dan tubuh. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa paparan dari area hijau secara konstan membuat tubuh menjadi rileks, mengurangi stres dan dapat membantu mengurangi kecemasan.

Selain itu, untuk paparan sinar matahari juga memungkinkan tubuh menyerap vitamin D yang berasal dari matahari yang mampu meningkatkan pertumbuhan tulang, dan mengurangi risiko depresi, serta penyakit jantung, dan kanker tertentu.

5. Baik untuk kesehatan otak

Foto: Ladiestory.id

Ternyata olahraga golf sendiri bisa membuat kesehatan otak baik. Dengan adanya peningkatan denyut jantung, aliran darah ke otak juga akan meningkat. Kondisi seperti inilah yang dapat menstimulasi dan meningkatkan koneksi sel saraf dan dapat memperlambat kelainan mental seperti demensia.

Selain itu, bermain golf juga dapat melatih otak untuk berpikir, mengatur strategi, serta koordinasi antara mata dan otot-otot tangan. Semuanya itu melatih kerja otak untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit otak yang bersifat degeneratif.

6. Membantu membakar kalori

Manfaat olahraga golf lainnya ialah dapat membantu membakar kalori. Mencakup luas 30 hingga 200 hektar sehingga perlu banyak berjalan. Biasanya, mobil golf digunakan pemain untuk mengantar pemain ke tempat bola atau lubang selanjutnya.

Terlebih jika Anda tidak menggunakan mobil golf dan berjalan di lapangan golf, rata-rata dapat menempuh jarak antara lima hingga tujuh kilometer. Nah jika Anda memilih untuk membawa tongkat golf sendiri, Anda juga akan membakar lebih banyak kalori.

Dengan melibatkan semua aktivitas berjalan, membawa tas golf, dan mengayunkan tongkat golf, pemain golf dapat membakar hingga 1000 kalori dalam satu permainan.

7. Meningkatkan Penglihatan

Foto: Ladiestory.id

Manfaat selanjutnya dari bermain golf adalah untuk meningkatkan penglihatan. Dibutuhkan penglihatan yang cukup baik untuk bisa melihat bola putih kecil yang jaraknya mungkin hanya beberapa yard.

Pegolf belajar untuk mengasah target kecil dari jarak jauh dan bahkan ketika bola berada di tee, sebelum mengayunkan tongkat, pegolf diberikan kesempatan untuk mengevaluasi ketajaman penglihatan sambil meningkatkan koordinasi tangan-mata.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Bermain golf juga dapat meningkatkan kualitas tidur karena pembakaran yang disebabkan oleh peningkatan kerja otot saat membuat tubuh terasa lelah setelah selesai bermain. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Tidur yang nyenyak  sangat dibutuhkan untuk proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, karena golf dapat mengurangi stres, maka kualitas tidur Anda juga akan menjadi lebih baik.

9. Menjaga kesehatan jantung

Foto: Ladiestory.id

Manfaat olahraga golf yang terakhir adalah untuk menjaga detak jantung tetap tinggi. Bermain golf dapat menghasilkan sedikit latihan untuk jantung. Dengan bermain golf Anda dapat memompa dan meningkatkan aliran darah.

Secara alami, ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol "jahat" dan dapat memicu kerja jantung. Bermain golf juga dapat meningkatkan denyut jantung dan melatihnya untuk bekerja lebih keras sehingga dapat memompa darah, dan risiko terjadinya penyakit jantung bisa diturunkan.

Wah, ternyata banyak juga manfaat dari bermain olahraga golf untuk kesehatan, ya? Pada dasarnya padang golf yang tersebar di berbagai kota tak hanya bisa diakses anggotanya, tetapi juga bisa untuk orang-orang umum yang penasaran untuk mencobanya. Jika belum pernah mencoba sama sekali, jangan khawatir, ada instuktur yang siap membimbing Anda.

Berita Terkait