Kaya Akan Serat, Ini 5 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Minggu, 5 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Kaya Akan Serat, Ini 5 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Buah plum masuk dalam klan Rosaceae dan masih satu golongan dengan buah apricot dan juga buah persik. Buah ini dikenal kaya akan manfaat dimana salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Selain sebagai pendukung program diet, buah kaya serat ini juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat buah plum yang perlu Anda ketahui. Namun sebelum itu, kita care tahu dulu yuk seputar kandungan yang ada di dalam buah plum. 

Kandungan dan Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan 

Apasih buah plum itu? Jadi buah plum atau yang lebiih dikenal dengan prem adalah jenis superfood yang berasal dari genus prunus dan masih satu klan dengan cherry, buah persik, buah berry dan buah apricot.

Pada jaman dahulu buah ini kerap dijadikan sebagai bahan untuk meracik obat-obatan. Alasannya karena di dalam buah ini mengandung banyak bahan-bahan yang berkhasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Di dalam buah plum sendiri terkandung banyak vitamin sehat seperti Vitamin A, K, C, B1, B2, B2, B3, B6, B9 dan B12. Selain itu, masih ada kandungan dalam buah plum yang lain seperti serat, mineral, kalium, mangan, tembaga, karbohidrat hingga energi.

Dengan banyaknya kandungan di dalam buah plum maka tak heran jika banyak juga khasiat dari buah ini. Khasiat buah plum akan dibahas pada poin selanjutnya, jadi pastikan Anda tetap membaca dan jangan ada yang terlewat. 

1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Manfaat Buah Plum
Foto: Ladiestory.id

Di masa pandemi seperti sekarang ini tubuh butuh imun yang baik untuk menjaga agar tetap sehat dan terhindar dari beragam virus, khususnya virus Corona. Untuk itu, Anda diwajibkan agar selalu menjaga kesehatan dengan olahraga serta makan-makanan bergizi salah satunya buah plum.

Dalam buah plum terdapat antoksidan yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel akibat virus dan radikal bebas. Anda dapat mengkonsumsi buah ini teratur setiap hari serta dimbangi dengan olahraga dan pola hidup sehat. 

2. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan 

Manfaat Buah Plum
Foto: Ladiestory.id

Kandungan serat dalam buah plum terbukti ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan contohnya sembelit. Ketika mengkonsumsi buah plum fases akan menjadi padat serta menjadi lancar ketika dikeluarkan.

Jika Anda sering mengalami masalah sembelit, rajin mengkonsumsi buah plum adalah solusi tepat. Apalagi rasa buah plum tak jauh beda dengan buah anggur sehingga sudah pasti disukai oleh banyak orang. 

3. Membantu Mencegah Osteoporosis 

Manfaat Buah Plum
Foto: Ladiestory.id

Umumnya buah plum terbagi menjadi dua macam warna yaitu merah dan hitam. Baik buah plum merah atau hitam sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain dari yang disebutkan diatas, buah plum juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan boron yang dapat membantu memperpanjang daya tahan dari Vitamin D serta estrogen di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan Vitamin K, kalium, antioksidan dan magnesium di dalam buah ini juga dapat melindungi kerusakan tulang yang disebabkan oleh radikal bebas.

Cara mengkonsumi buah plum untuk mencegah osteoporosis ini dapat dilakukan dengan dikeringkan terlebih dahulu kemudian dikonsumsi setiap hari. 

4. Membantu Melancarkan Program Diet 

Manfaat Buah Plum
Foto: Ladiestory.id

Dalam buah plum mengandung banyak serat, vitamin A dan C yang rupanya sangat baik dalam membantu program penurunan berat badan. Tak hanya itu, buah ini juga rendah kalori serta mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda orang dengan kelebihan berat badan dan ingin menjalankan program diet, jangan lupa untuk menambahkan buah plum ke dalam daftar menu diet Anda. 

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh 

Manfaat Buah Plum
Foto: Ladiestory.id

Buah plum memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Meski demikian, memakan buah yang satu ini tidak akan membuat kadar gula darah Anda naik.

Hal ini disebabkan karena dalam buah plum dapat meningkatkan kadar adinopektin atau hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam Sarah. Selain itu, kandungan serat alami dalam buah ini juga berperan aktif untuk menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus. 

Itulah 5 manfaat buah plum untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil maksimal silakan konsumsi buah ini setiap hari dengan cara dimakan langsung ataupun di keringkan terlebih dahulu. 

Berita Terkait