Selain Ramah Lingkungan, Ini 5 Manfaat Gunakan Pembalut Organik

Senin, 21 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Ramah Lingkungan, Ini 5 Manfaat Gunakan Pembalut Organik

Ilustrasi pembalut. (Special)

Ladiestory.id - Perkembangan inovasi kecantikan dan kesehatan semakin berkembang pesat, salah satunya dengan pilihan produk menstruasi yang ramah lingkungan, mulai dari reusable pads, menstural cup, hingga period panties. Dengan beralih ke produk ramah lingkungan, maka kamu membantu mengurangi polusi dan pencemaran.

Saat ini, penggunaan organic pads atau pembalut organik juga semakin banyak diminati dan tersedia di pasaran. Nah, berikut  lima manfaat menggunakan pembalut organik yang bisa kamu dapatkan.

Bebas dari Bahan Kimia

Ilustrasi pembalut. (Special)

Ladies, penggunaan pembalut konvensional yang banyak dijual di pasaran umumnya mengandung bahan kimia dioksin, yang mengandung bahan pemutih. Jika terus digunaka,n maka dapat berisiko untuk mengalami penyakit kanker. Tak hanya itu, kandungan aroma dan berbagai bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi dan gangguan hormon.

Sementara itu, pembalut organik tidak memiliki bahan kimia dioksin. Jenis pembalut ini dibuat menggunakan kapas organik yang telah ditanam tanpa campuran pestisida kimia berbahaya. Selain itu, pembalut organik ini juga bebas dari wewangian, sehingga diklaim baik digunakan tanpa memberikan efek iritasi kulit, khsususnya di area kewanitaan.

Lebih Aman dan Sehat

Ilustrasi pembalut. (Special)

Berbeda dengan pembalut konvensional yang terbuat dari serat buatan, pembalut organik terbuat dari bahan kapas yang dapat membuat kulit lebih mudah bernapas. Selain itu, pembalut organik dapat menyerap lebih banyak darah menstruasi, sekaligus membuat area kewanitaan tetap kering, karena pembalut organik mengangdung bahan selulosa yang mudah menyerap.

Teksturnya yang lembut tentu membuat pembalut organik tidak menimbulkan efek alergi dan iritasi kulit akibat kandungan plastik seperti pembalut konvensional. Terjadinya risiko infeksi dan alergi oleh jamur pun lebih rendah karena adanya aliran udara yang lebih mudah masuk ke dalam area kewanitaan.

Lebih Praktis dan Nyaman

Ilustrasi pembalut. (Special)

Pembalut konvensional banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Namun, sebagian besar pembalut konvensional mengandung plastik yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, pembalut konvensional yang digunakan cukup lama dapat menyebabkan kulit mengalami ruam, gatal dan iritasi.

Untuk itu, kamu bisa beralih menggunakan pembalut organik. Sebab, pembalut organik juga praktis digunakan.

Selain itu, pembalut organik juga dinilai nyaman digunakan seharian. Pasalnya, pembalut organik memiliki tekstur yang ramping, sehingga lebih nyaman digunakan dan tidak terlihat dibalik pakaian.

Harga Relatif Terjangkau

Ilustrasi pembalut. (Special)

Penggunaan pembalut organik lebih menyehatkan dibandingkan dengan pembalut konvensional. Harga pasaran pembalut organik pun relatif terjangkau.

Jika dibandingkan dengan pembalut konvensional, pembalut organik tentu lebih bermanfaat dan terjangkau secara keseluruhan. Sebab, pembalut organik minim risiko menimbulkan masalah kesehatan maupun berdampak merusak lingkungan.

Ramah Lingkungan

Ilustrasi pembalut. (Special)

Selain aman dan baik bagi kesehatan, pembalut organik juga ramah bagi lingkungan. Pembalut organik hanya membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 14 bulan untuk terurai. Sedangkan, pembalut konvensional membutuhkan waktu selama 500 hingga 800 tahun agar bisa terurai.

Penggunaan pembalut organik tidak menggunakan pestisida yang dapat merusak ekosistem. Selain itu, pembalut organik menggunakan lebih sedikit air dan energi untuk produksinya.

Tertarik beralih menggunakan pembalut organik, Ladies?

s