Dapat Mencegah Covid-19! Ketahui 7 Manfaat Humidifier Lainnya

Senin, 8 November 2021 | 10:06:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Dapat Mencegah Covid-19! Ketahui 7 Manfaat Humidifier Lainnya

Foto: Merdeka

Ladiestory.id - Udara kering memberikan efek buruk untuk tubuh diantaranya mengurangi tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh. Udara kering juga membuat seseorang mudah tertular flu dan virus lainnya yang kita ketahui penyebarannya melalui udara.

Apa itu Humidifier?

Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan alat yang dinamakan humidifier. Humidifier sudah tidak asing lagi dijumpai di banyak tempat, terutama di rumah-rumah dengan udara yang kering atau cukup sering memasang AC.

7 Manfaat Humidifier

Foto: Tekno tempo

 

Humidifier merupakan alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Uap tersebut akan meningkatkan kelembapan, sehingga berada dalam kisaran yang ideal dan baik untuk kesehatan.

1. Mencegah sakit tenggorokan

Salah satu manfaat humidifier adalah dapat mencegah sakit tenggorokan. Karena penyakit ini dapat terjadi ketika kadar kelembapan di ruangan sangat rendah.

Humidifier dapat meringankan kondisi ini dengan cara meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan sehingga mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan dan mencegahnya terulang kembali.

2. Mencegah kulit kering dan iritasi kulit

Udara yang terlalu kering dapat menyebabkan kulit terasa gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Tentunya hal ini akan membuat merasa tidak nyaman. Kamu bisa menggunakan lotion atau pelembab, namun kadang-kadang cara ini tidak cukup untuk menghidrasi kulit.

Nah, disinilah manfaat humidifier yang dapat dipasang di rumah dengan mudah. Alat penambah kelembaban udara ini akan membantu menjaga kelembaban ruangan di batas ideal.

3. Mempercepat proses penyembuhan penyakit

Ketika kamu sedang mengalami demam, pilek, atau flu, humidifier bisa membantu proses penyembuhanmu. Pasalnya udara lembap masuk ke dalam hidung dan tenggorokan sehingga meringankan gejala seperti batuk dan bersin. Makanya manfaat humidifier yakni mempercepat proses penyembuhan penyakit.

4. Mengurangi resiko terserang asma

Pada beberapa orang, gejala asma dipicu oleh alergi seperti debu atau jamur. Namun aktivitas fisik yang berat atau olahraga juga dapat menyebabkan saluran pernapasan menyempit.

Perawatan diri dengan menggunakan humidifier juga sama pentingnya dengan pengobatan dalam mengurangi resiko terserang asma.

5. Mencegah penularan COVID-19

Manfaat humidifier diyakini dapat membantu mencegah penularan virus Corana karena penularan COVID-19 akan lebih mudah terjadi pada cuaca yang dingin dan kering. Namun, efektivitas humidifier terkail hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Idealnya, kelembapan udara dalam ruangan berkisar antara 30 hingga 50 persen. Kelembapan udara yang terlalu rendah bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengiritasi saluran pernapasan.

Namun, kelembapan yang terlalu tinggi juga tidak baik, karena dapat menyebabkan udara ruangan menjadi pengap dan memicu pertumbuhan jamur, bakteri, serta tungau.

6. Membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Sama seperti kulit tubuh, kulit kepala bisa menjadi kering ketika kekurangan kelembaban. Ini dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan iritasi. Selain kulit kepala, rambut juga membutuhkan kelembaban. Bila terlalu lama terkena udara kering, rambut bisa saja menjadi kering dan rapuh.

Mungkin saja rambut mengalami kerontokan parah dan berujung pada kebutaan jika kulit kepala dan rambut terus-menerus kekurangan kelembaban. Cobalah menjaga tingkat kelembaban dengan menggunakan alat ini di rumah untuk membantu mencegah hal ini.

7. Membuat tidur lebih berkualitas

Tahukan kamu jika mendengkur disebabkan oleh tenggorokan yang kering? Saluran pernafasan dapat menyempit apabila tenggorokan mengering, dan jika kamu  atau orang-orang di sekitar ada yang mengalami hal serupa, sebaiknya memasang humidifier di dalam ruangan. Ini juga akan membuat tidur lebih berkualitas

Inilah 7 manfaat humidifier bagi kesehatan. Apakah kamu memasang alat ini?