6 Manfaat Jahe Merah Campur Madu bagi Kesehatan

Jumat, 29 Oktober 2021 | 11:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Manfaat Jahe Merah Campur Madu Bagi Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang biasa digunakan sebagai minuman yang berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Adapun cara meminumnya dapat dicampur dengan madu dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat  jahe merah campur madu?  Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Jahe Merah Campur Madu

Inilah manfaat luar biasa dari campuran jahe merah dan madu.

1. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan 

manfaat jahe merah campur madu
Foto: Ladiestory.id

Jahe merah memiliki rasa hangat di tenggorokan saat dikonsumsi. Karena itulah jahe merah banyak dijadikan pilihan untuk mengobati gejala sakit tenggorokan dan batuk.

Tapi, sebenarnya yang membuat  jahe merah ampuh sebagai penawar untuk batuk atau peradangan di tenggorokan adalah karena adanya kandungan flavonoid-nya.

Kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk, konsumsi jahe merah yang dicampur madu juga efektif dan ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

2. Meredakan Gejala Flu

Manfaat lainnya dari jahe merah dicampur madu adalah meredakan gejala flu karena efek hangatnya. Ramuan jahe merah yang menghangatkan tubuh ini  juga mengandung campuran kafein yang berkhasiat mengurangi sakit kepala karena rasa pedas dan hangatnya tersebut. 

3. Mengurangi Mual

manfaat jahe merah campur madu
Foto: Ladiestory.id

Manfaat dari jahe merah yang selanjutnya adalah mengurangi mual saat diperjalanan. Penelitian menyebutkan konsumsi jahe merah yang dicampur madu dapat mengurangi rasa mual dan mabuk perjalanan karena jahe berfungsi menenangkan perut.  

Selain itu senyawa yang terkandung dalam jahe merah juga meningkatkan kinerja pencernaan, sehingga mempercepat proses pengosongan lambung sehingga mengurangi rasa mual. Minumlah segelas air jahe merah yang dicampur madu sebelum kamu melakukan perjalanan.

Bukan hanya untuk mencegah mual saat perjalanan jahe merah dan madu juga bisa digunakan untuk meredakan mual bagi penderita kanker dan wanita hamil. 

4. Mengobati Masalah Pencernaan

Jahe merah juga bermanfaat sebagai obat dalam mengatasi masalah pencernaan, karena jahe merah dapat berperan melindungi pencernaan dari bakteri jahat, seperti bakteri E coli, salmonella, staphylococcus aureus dan enteritidis. Minumlah jahe merah campur madu di saat perut kamu mengalami gangguan.

5. Mengobati Rematik

Dalam jahe merah terkandung zat flavonoid, yang ternyata bukan hanya mampu mengatasi dan meredakan gejala sakit tenggorokan dan batuk, tapi juga ampuh mengatasi rematik. 

Rasa nyeri yang dirasakan karena  penyakit tersebut disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada persendian. Bahkan, jika dibiarkan dalam waktu lama, penderita rematik akan merasakan kaku pada sendi-sendi  karena terjadi pembengkakan.

Untuk mengatasinya, penderita rematik dapat rutin mengonsumsi jahe merah yang dicampur madu sebagai obat tradisional karena mampu meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik. Jadi  jahe merah dapat menjadi obat alternatif dan alami untuk mengobati rematik. 

6. Mengobati Sakit Kepala

manfaat jahe merah campur madu
Foto: Ladiestory.id

Sering merasakan sakit kepala yang sangat mengganggu aktivitas kamu? Tidak perlu mencari obat-obatan yang di jual di pasaran yang banyak mengandung bahan kimia yang dapat memberikan efek samping. 

Karena ternyata jahe merah pun dapat menjadi solusi alami untuk meredakan sakit kepala yang sering kali dianggap sepele sebagian orang  namun sangat mengganggu tersebut. Konsumsilah jahe merah yang dicampur madu saat kamu merasakan sakit kepala.

Nah, itulah 6 manfaat dari jahe merah campur madu yang luar biasa bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.