5 Manfaat Kamu Bergabung Jadi Volunteer

Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Manfaat Kamu Bergabung Jadi Volunteer

Ilustrasi Volunteer (pinterest)

Ladiestory.id - Bosan di rumah dan ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang? Kamu bisa coba menjadi volunteer. Jika memang kamu memiliki waktu luang, lebih baik salurkan aksi nyata dan positif dengan menyalurkan ide, semangat, dan tenagamu kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi volunteer, loh.

Bersosialisasi dengan Orang Baru

Bersosialisasi dengan Orang Baru (pinterest)

Ketika kamu memilih menjadi seorang volunteer, manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ialah bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru baik dari status sosial, usia, maupun daerah yang berbeda. Walaupun kamu dan mereka berbeda latar belakang, namun tetap memiliki visi dan misi yang sama.

Bertemu dengan teman-teman baru tentunya membuat jaringan pertemananmu menjadi lebih luas dan akan menambah wawasan untuk mengembangkan diri. Tak hanya itu, kamu pun akan bersosialisasi dan keluar dari zona nyaman yang membuatmu mengerti akan berkehidupan sosial dan bermasyarakat.

Tanpa kamu sadari, dengan tergeraknya hati, pikiran, dan jiwamu untuk membantu sesama, maka akan banyak manfaat lain yang kamu peroleh. Kamu pun akan mengerti bahwa sebagai manusia, kamu tak bisa hidup sendiri, namun saling membantu dan bergotong royong serta menolong sesama.

Memperluas Koneksi

Memperluas Koneksi (pinterest)

Menjadi volunteer juga akan membawamu bertemu dengan banyak orang dari segala penjuru. Menjadi bagian dari pekerja relawan akan menambah relasi dan koneksi dari berbagai kalangan, tidak hanya dari lingkungan kampus, namun juga bisa secara global.

Menambah Pengalaman Berharga

Menambah Pengalaman Berharga (pinterest)

Manfaat lain mengapa sesorang ingin menjadi seorang volunteer adalah untuk mendapat pengalaman berharga. Mungkin ini merupakan alasan tepat yang akan kamu dapatkan pada saat mengabdikan dirimu sebagai seroang volunteer.

Kamu akan menemui berbagai pengalaman berharga, belajar banyak hal, melakukan pelatihan dasar, dan menambah banyak wawasan. Dari segala hal positif yang akan kamu lakukan ini, tentunya juga akan bermanfaat bagi orang banyak.

Melatih Diri Lebih Peduli dengan Orang Lain

Lebih Peduli dengan Orang Lain (pinterest)

Secara tidak langsung, ketika kamu memutuskan untuk terjun langsung ke lapangan dan berperan sebagai seorang volunteer, tentunya semua itu berasal dari akal pikiran dan hatimu yang tergerak membantu orang lain. Rasa empatimu pun semakin meningkat dan membuat dirimu lebih peduli dengan orang lain, khusunya bagi mereka yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan.

Walaupun kamu tak bisa menolong banyak orang, kamu bisa berperan meringankan beban mereka dan merasakan emosi yang mereka rasakan. Contohnya para korban bencana alam hingga anak-anak yang putus sekolah. Kamu pun akan lebih mengerti perasaan maupun penderitaan orang lain yang akan membuat dirimu lebih sigap untuk membantu mereka.

Memberikan Kebahagiaan Kepada Orang Lain

Memberikan Kebahagiaan Kepada Orang Lain (pinterest)

Ketika kamu sukses melakukan aksi nyatamu dengan memberikan pertolongan kepada orang lain, maka akan tercipta rasa kebahagiaan tersendiri pada dirimu. Kamu tak akan menyangka telah melakukan sesuatu yang luar biasa seperti ini. Percayalah, menjadi seorang volunteer akan membuat dirimu menjadi bahagia.

Secara tidak langsung, mereka sangat merasa tertolong dan kamu pun merasa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Rasa puas dan bahagia tersebut akan membuat fisikmu jauh lebih sehat dan terhindar dari stres, loh. Selain itu, menolong seseorang tanpa pamrih, tulus, dan ikhlas akan lebih besar manfaatnya daripada tidak melakukannya sama sekali.

s