Kandungan Gizi dan Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Rabu, 13 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kandungan Gizi dan Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Tidak hanya guna mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa bagi ibu hamil juga sangat beragam. Di sisi lain, air kelapa pun dikenal baik bagi kesehatan janin. Selain rasanya yang segar, air kelapa kerap dibilang sebagai minuman yang bermanfaat bagi tubuh. Benarkah begitu?

Kandungan Air Kelapa Muda

kelapa muda
Caption

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, pada 100 ml air kelapa muda, terkandung:

Energi: 17 kal

Karbohidrat: 3,8 gram

Kalsium: 15 mg

Kalium: 149 mg

Fosfor: 8 mg

Vitamin C: 1 mg

Manfaat Air Kelapa Muda

Air kelapa pun mengandung kadar elektrolit tinggi yang dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain baik untuk janin, apa lagi ya manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil?

1. Menggantikan Elektrolit yang Hilang

Mual serta muntah atau disebut juga dengan morning sickness adalah keluhan yang dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Keadaan ini dapat membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu timbulnya kekurangan elektrolit.

Air kelapa dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil dalam menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal ini disebabkan air kelapa mempunyai kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

2. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
Foto: Ladiestory.id

Air kelapa pun diyakini bisa menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini sebab air kelapa mempunyai kandungan kalium yang terbukti bisa menurunkan dan mengontrol tekanan darah supaya tetap normal.

Tetapi, air kelapa tidak disarankan untuk dipakai sebagai pengganti pengobatan hipertensi maupun preeklampsia pada ibu hamil. Bila ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia pada masa kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

3. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Penting untuk setiap ibu hamil guna memenuhi asupan cairan pada tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa pun bisa ibu hamil konsumsi guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar serta tidak mudah lelah.

4. Meningkatkan Perkembangan Janin

janin
Foto: Ladiestory.id

Ibu hamil memerlukan vitamin dan mineral dalam mendukung perkembangan janin. Ibu hamil dapat memperolehnya pada air kelapa muda yang tinggi vitamin dan mineral.

Pada jurnal yang dikeluarkan Advanced Biomedical Research, mineral yang terkandung di dalam air kelapa muda memiliki manfaat untuk menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan preeklampsia.

Tetapi, bukan berarti ibu hamil hanya minum air kelapa dalam memperoleh vitamin dan mineral. Ibu hamil pun perlu mengonsumsi makanan sehat lain yang diperlukan bagi kesehatan janin dan ibu.

5. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih biasa terjadi saat hamil. Keadaan ini bisa terjadi karena perubahan hormon ketika hamil dan berefek pada fungsi saluran kemih. Hal ini mengakibatkan ibu hamil lebih mudah terserang infeksi.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil diyakini sebagai diuretik alami yang bisa membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine serta mencegah terjadinya ISK.

6. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat kelapa muda
Foto: Ladiestory.id

Kandungan antioksidan, vitamin serta mineral pada air kelapa muda, menjadikan air kelapa muda bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan di dalam air kelapa mempunyai manfaat dalan melindungi ibu hamil dan janin dari beraneka macam penyakit.

Kandungan tinggi asam laurat pada air kelapa muda pun menghasilkan monolaurin (yang berupa antivirus dan antibakteri) dalam tubuh. Kandungan asam laurat ini pun membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan penyakit. Selain di air kelapa muda, kandungan asam laurat pun dijumpai pada minyak kelapa.

Wah, ternyata manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil beragam sekali, ya!